SMK Yosonegoro Pamerkan Produk Kerajinan Berbahan Kulit

Pamerkan Produk Kerajinan Berbahan Kulit

Beritatrends, Magetan – Meski terhitung baru 3 tahun SMK Yosonegoro Magetan (Skayosma) miliki jurusan Kriya Kulit dan Imitasi (KKI), akan tetapi telah banyak produk kerajinan yang telah dihasilkan. Seperti terlihat pada bazar peringatan HUT Ke-31 Skayosma di Gor Ki Mageti, Kamis (12/1/2023, berbagai jenis tas dan sepatu yang merupakan produk kerajinan berbahan kulit dipamerkan disana.

Menurut Amin Tohari, S.Pd, Kepala Kompetensi Keahlian (Kakomli) KKI, bahwa Skayosma tak hanya menghasilkan kedua produk tersebut, melainkan terdapat 4 skill yang ditonjolkan. “Yakni pembuatan alas kaki, busana, non alas kaki dan non busana, serta tatah sungging kulit,” jelasnya.

Tak hanya mengeluarkan produk begitu saja, tentu agar mudah dikenal, Skayosma juga memberikan merek tersendiri, yaitu ‘Skayosma Kriya Kulit Imitasi’ dan produk kecil seperti gantungan kunci, diberi merek ‘KKI Yosma’.

Harga yang ditawarkan pun juga relatif, berkisar mulai dari Rp 15 ribu hingga Rp 900 ribu untuk produk berupa tas. “Harga tersebut tentu masih di bawah harga pasar di luaran sana,” ungkap Amin Tohari.

Hingga sekarang, KKI Skayosma masih aktif memproduksi kerajinan berbahan kulit tersebut. Amin Tohari mengaku, bahwa telah banyak perusahaan atau organisasi yang memesan produk buatan Skayosma, seperti anggota Kepolisian hingga Perusahaan Suzuki.

Selain itu, kolaborasi pun tentu sering diadakan oleh KKI Skayosma dengan menggandeng merek lokal, salah satunya BUCINI. Produknya juga telah berhasil menembus pasar internasional, terbukti saat ini mendapat pesanan tas dari negara Belanda.

Pos terkait