Tahun 2021, Ponorogo Siapkan RP 75 Miliar Untuk Jalan

  • Whatsapp

Kepala DPUPKP Kabupaten Ponorogo, Jamus Kunto.

Beritatrends, Ponorogo – Pemerintah Kabupaten Ponorogo melalui Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kabupaten Ponorogo siapkan anggaran Rp 75 Miliar pada tahun 2021 untuk Jalan.

Sebesar anggaran tersebut digunakan untuk pembangunan, pelebaran, pemeliharaan, serta perbaikan jalan di wilayah tersebut.

Kepala DPUPKP Kabupaten Ponorogo, Jamus Kunto mengatakan, sesuai data pada tahun 2021 terdapat 45% jalan mengalami rusak ringan dan berat di Kabupaten Ponorogo yang perlu mendapat perbaikan.

“Sekitar 15% rusak berat, teknisnya yang memerlukan penanganan mahal seperti perlunya beton, dan yang 30% rusak ringan yang memerlukan hot mix saja,” terangnya.

Dijelaskan Jamus, terdapat sepanjang 916,10 Km jalan kabupaten dan kurang lebih 1300 Km jalan poros desa yang menjadi tanggung jawab Dinas PUPKP.

“Untuk rusak berat pemeliharaannya per-Km bisa mencapai Rp 2,5 M, dan yang rusak sedang biayanya Rp 1,2 M, tergantung lebar jalan,” ungkap Jamus.

Menurutnya, besaran anggaran tersebut belum bisa mempermulus seluruh jalan yang ada di Ponorogo.

“Anggaran kita tahun ini banyak yang terkena refocusing anggaran, maka tidak bisa maksimal,” kata Jamus.

Selain itu DPUPKP juga siap menerima keluhan masyarakat terkait adanya jalan rusak di wilayah, yang bisa disampaikan melalui portal aduan masyarakat yang dikelola oleh Dinas Kominfo Ponorogo, atau surat yang dikirim langsung ke Dinas.

“Juga bisa langsung menghubungi saya,” ujar Jamus Kunto. (Gal)

Pos terkait