Tampak Akan Berkurang, Dukungan Pemkab Magetan untuk Supporter Mario Aji Terhenti Akibat P-APBD Lambat

Beritatrends, Magetan – Dukungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan kepada pembalap MotoGP asal Magetan, Mario Suryo Aji, tahun ini tampaknya akan berkurang.

Hingga akhir September 2024, Pemkab belum memastikan anggaran untuk memberangkatkan suporter yang akan mendukung Mario Aji berlaga di Sirkuit Mandalika pada 29 September 2024 nanti.

Mario, yang kini membalap di kelas Moto2 bersama Honda Team Asia, sebelumnya selalu mendapat dukungan langsung dari suporter asal Magetan.

Dalam dua tahun terakhir, Pemkab melalui Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Dikpora) Magetan rutin memfasilitasi keberangkatan komunitas suporter, kerabat, teman sekolah, hingga guru mario dan warga Magetan untuk menyaksikan dan memberikan dukungan langsung di Mandalika.

Namun, Ketua IMI Magetan, Risto Ariesta Vialle, mengungkapkan bahwa tahun ini dukungan tersebut terancam ditiadakan.

“Sangat disayangkan apabila tahun ini tidak ada dukungan anggaran dari pemkab, karena sangat membantu untuk transportasi,” ujar Risto, Rabu (25/9/2024).

Ia menjelaskan bahwa warga Magetan yang hendak mendukung Mario harus mengeluarkan biaya tambahan, termasuk tiket masuk dan transportasi dari Magetan ke Lombok.

Risto menambahkan bahwa pihak IMI Magetan sudah mengajukan proposal sejak lama dan sudah mendapatkan persetujuan dari Pemkab. Namun, hingga kini belum ada kejelasan terkait anggaran.

“Hal ini sangat disayangkan, karena Mario Aji yang telah mengharumkan nama Magetan dan Indonesia di kancah internasional tidak mendapat dukungan langsung dari keluarga dan kerabatnya,” tambahnya.

Kepala Bidang Kepemudaan dan Olahraga Dikpora Magetan, Wahyu Wijayanto, menjelaskan bahwa anggaran tersebut sebenarnya sudah diusulkan dalam Perubahan APBD (P-APBD) tahun 2024. Namun, hingga kini, P-APBD belum disahkan sehingga anggaran belum bisa dicairkan.

“Proposal IMI Magetan kita terima pada bulan Mei, sehingga anggarannya tidak masuk di induk APBD 2024, dan harus diusulkan di P-APBD,” jelas Wahyu.

Baca Juga  Kemeriahan HPN 2024 PWI Mojokerto Raya,Gebyar Hadiah Hingga Kuis Berhadiah

Sementara itu, Kepala Dinas Dikpora Magetan, Suwata, menambahkan bahwa karena belum ada pengesahan P-APBD, Pemkab tidak bisa melaksanakan program tersebut.

“Kami mohon maaf, tahun ini kita tidak bisa memberangkatkan suporter dari komunitas untuk mendukung langsung Mario Aji di Mandalika,” ujarnya.

Dengan tidak adanya dukungan dari Pemkab, banyak pihak yang berharap agar permasalahan ini segera mendapat solusi, mengingat Sirkuit Mandalika dikabarkan akan menjadi tuan rumah MotoGP untuk terakhir kalinya musim ini.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *