Telaga Sarangan Kini Dipagari, Begini Kata Disbudpar Magetan

Telaga Sarangan Kini Dipagari

Beritatrends, Magetan – Baru-baru ini, jagat media sosial dihebohkan oleh video viral yang menunjukkan pemasangan pagar di Telaga Sarangan.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Magetan, Joko Trihono, mengatakan bahwa pemasangan pagar di area pintu air sisi selatan kemungkinan besar merupakan inisiatif dari Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo.

“Balai besar ini memiliki kewenangan untuk manajemen air di Telaga Sarangan. Mungkin, dalam upaya pemantauan, mereka melihat ada sesuatu yang mengkhawatirkan sehingga berinisiatif memasang pagar di sekitar pintu air,” kata Joko saat dikonfirmasi, Jumat (28/06/2024).

Meski demikian, Joko memahami maksud pihak BBWS bilamana pemagaran memang untuk meningkatkan keamanan bagi pengunjung.

Lokasi pintu air yang lebih rendah dan cukup beresiko, hingga banyaknya aktivitas wisatawan pada area tersebut seperti parkir, duduk, dan hunting foto, dinilai memang perlu mendapat pengawasan ketat.

“Keamanan ini merupakan hal yang kita inginkan bersama untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan di Telaga Sarangan,” tambahnya.

Hingga pagar setinggi 2,25 meter ini terpasang, Joko mengaku belum menerima pemberitahuan resmi dari pihak BBWS.

Kadisbudpar menyebut akan segera berkoordinasi untuk memahami lebih lanjut rencana pemagaran ini. Sebab, selama proses pemasangan pagar berlangsung, pihaknya juga khawatir terhadap potensi gangguan kegiatan wisata di Telaga Sarangan.

Baca Juga  Berita Tanah Bengkok Pekon Rejosari Kecamatan Pringsewu Yang Sempat Viral Ini Keterangan Kasi Pidsus Kejari Pringsewu

Pos terkait