Tim Mahasiswa Kimia Buat Media Pembelajaran Kimia Terintegrasi Game Interaktif untuk Siswa Tuna Grahita

Pembelajaran Kimia Terintegrasi Game Interaktif untuk Siswa Tuna Grahita

Beritatrends, Sidoarjo – Sebagai institusi pendidikan di Indonesia, tugas hilirisasi produk pendidikan wajib dalam penelitian. Untuk menuju kesana, tim Mahasiswa Kimia UM berinisiatif untuk membuat produk yang berupa media pembelajaran kimia.

Media tersebut diciptakan dengan integrasi game interaktif yang spesifik ditujukan kepada siswa-siswi tuna grahita di Sekolah Luar Biasa (SLB) se-tingkat SMA/MA. Media ini telah divalidasi oleh dosen UM yang ahli dibidangnya dan telah melewati tahapan revisi dan uji lapangan.

Selama pengembangan media Game interaktif ini, Bapak Munzil, M.Si, selaku Dosen pembimbing menuturkan bahwa media pembelajaran kimia sangat dibutuhkan oleh anak-anak yang berkebutuhan khusus khususnya tunagrahita, karena itu, berbagai media seperti game interaktif ini dapat meningkatkan minat dan semangat belajar kimia bagi mereka.

Dalam aplikasinya, game interaktif dapat digunakan secara sederhana dan mudah dimengerti bagi anak-anak grahita yang berada di salah satu Sekolah di Kabupaten Sidoarjo.

Besar harapan, mereka menyampaikan bahwa semangat belajar untuk mengisi hari-hari dengan tekun. Adanya media pembelajaran ini telah memberikan ruang baru dalam pembelajaran kimia. Walaupun masih sedikit dari suatu kebutuhan, media ini telah memberikan kontribusi bagi anak-anak berkebutuhan khusus. Alhasil, media ini dapat secara layak didukung oleh lembaga-lembaga pendidikan di Indonesia

Baca Juga  Janur Septa Nurarna Legilator Berusia 32 Tahun  Kawal Perda KLA

Pos terkait