Tingkatkan Kompetensi Guru Kelas SD, Dindik Kabupaten Madiun Gelar Bimtek Numerasi

Bimtek Numerasi

Beritatrends, Madiun – Dinas Pendidikan dan Kabudayaan Kabupaten Madiun menggelar bimbingan teknis numerasi jenjang sekolah dasar bagi pendidik dan tenaga kependidikan di Aula Votel Kartika Abadi Hotel Madiun. Bimbingan teknis untuk pengembangan karir yang diikuti 90 pendidik dan tenaga kependidikan itu dilaksanakan selama empat hari mulai Selasa (7/3/2023) hingga Jumat (10/3/2023).

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Madiun, Siti Zubaidah mengatakan bimbingan teknis yang digelar selama empat hari sebagai upaya Pemkab Madiun meningkatkan kompetensi bagi pendidikan dan tenaga kependidikan tingkat sekolah dasar di Kabupaten Madiun.

Fokusnya peningkatan kompetensi pembelajaran para guru bagaimana mentransfer numerasi kepada anak-anak didiknya. Hal itu menjadi penting lantaran hasil asesmen nasional itu masih ada yang kurang dalam beberapa sektor pendidikan untuk nilai kompetensi numerasinya.

Kendati rata-rata kompetensi numerasi Kabupaten Madiun berada diatas standar propinsi dan nasional namun ada beberapa kesenjangan beberapa yang masih belum mencapai kompetensi minimal.

Zubaidah berharap pendidik dan tenaga kependidikan yang sudah mendapatkan bimtek selama empat hari dapat memberikan pembelajaran numerasi yang menyenangkan bagi anak-anak. Pasalnya bila anak-anak senang maka akan mudah mengikuti dan memahami pelajaran yang disampaikan guru.

Tak hanya itu pendidik dan tenaga pendidik pun akan dapat meningkatkan capaian untuk kompetensi numerasinya. Dengan demikian, kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan SD dan SMP bidang numerasi di Kabupaten Madiun akan terus diatas standar propinsi dan nasional.

Sementara itu Kepala Bidang Ketenagaan, Suparlan mengatakan bimbingan teknis diikuti 90 guru kelas SD yang mewakili 15 kecamatan di Kabupaten Madiun. Tujuan bimtek untuk meningkatkan sumber daya manusia guru kelas dalam bidang numerasi, literasi dan karakter.

Baca Juga  SRPB Jatim Gelar Bimtek Srikandi Siaga Bencana

Menurut Suparlan, bimtek yang menghadirkan narasumber dari UNS itu sangat bermanfaat bagi guru kelas agar saat mengajarkan pelajaran numerasi siswa menjadi senang. Tak hanya itu, siswa juga dapat mudah menyelesaikan soal cerita matematika.

Pos terkait