TP PKK Kecamatan Maospati Juara Lomba Cipta Menu B2SA Tingkat Kabupaten

Juara Lomba Cipta Menu B2SA Tingkat Kabupaten

Beritatrends, Magetan – Guna meningkatkan kreativitas dan inovasi anggota PKK se-Kabupaten Magetan, Dinas Tanaman Pangan Hortikultura Perkebunan dan Ketahanan Pangan (DTPHPKP) Magetan bekerja sama dengan Tim Penggerak PKK Magetan menggelar Lomba Cipta Menu Berbasis Pangan Lokal Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman (B2SA), di Pendopo Surya Graha, Kamis (10/08/2023).

Wakil Bupati Magetan, Nanik Endang Rusminiarti mengatakan, acara yang diikuti oleh 18 tim perwakilan masing-masing kecamatan se-Kabupaten Magetan ini menyajikan inovasi menu makanan dari bahan pangan lokal yang menarik, bergizi, seimbang, dan aman.

“Lomba ini sebagai ajang kreativitas khususnya bagi ibu-ibu yang ada di wilayah Magatan untuk menunjukkan kreativitasnya dalam Lomba Cipta Menu B2SA berbahan pangan lokal,” jelasnya.

Ditambahkan Kepala Dinas TPHPKP, Uswatul Chasanah, lomba ini memiliki kriteria penilaian yang mengacu pada kecukupan gizi dalam tiap menu yang disajikan oleh para peserta.

“Dari bahan pangan lokal tersebut akan ditimbang bagaimana kecukupan gizi, untuk ibu hamil, anak, dan bapak dalam satu kali makan,” sebutnya.

Berdasarkan pantauan, perwakilan TP PKK tiap kecamatan menyajikan kreasi pangan dengan beraneka macam bentuk sesuai inovasinya masing-masing. Mereka mengolah makanan dari berbagai macam bahan pangan lokal seperti singkong, jagung, talas, kentang, dan masih banyak lagi.

Sekedar diketahui, juri/tim penilai dalam lomba tersebut berasal dari RSUD dr. Soedono Madiun, SMKN 2 Magetan, dan Sun Hotel Madiun. Selanjutnya, pemenang lomba akan diikutsertakan dalam Lomba Cipta Menu B2SA mewakili Kabupaten Magetan ke tingkat provinsi pada Bulan Oktober mendatang.

Berikut daftar peserta pemenang Lomba Cipta Menu B2SA tingkat Kabupaten Magetan tahun 2023.
– Juara I TP PKK Kecamatan Maospati
– Juara II TP PKK Kecamatan Nguntoronadi
– Juara III TP PKK Kecamatan Magetan
– Juara Harapan I TP PKK Kecamatan Karangrejo
– Juara Harapan II TP PKK Kecamatan Kartoharjo
– Juara Harapan III TP PKK Kecamatan Karas.

Baca Juga  Kecewa Dengan Hasil Mediasi, Warga Sabah Balau Mengancam Akan Melakukan Demo Yang Lebih Besar

Pos terkait