Upacara Gabungan Peringatan Hardiknas Harkitnas, Hingga Hari Kartini di Pemkab Magetan

Pemkab Magetan Gelar Upacara Gabungan Peringatan Hardiknas,  Harkitnas, Hingga Hari Kartini

Beritatrends, Magetan – Pemerintah Kabupaten Magetan, Rabu (24/5/2023) pagi, mengelar upacara gabungan peringatan Hari Kartini, Hari Pendidikan Nasional dan Hari Kebangkitan Nasional di halaman Pemda setempat.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Magetan Suprawoto bertindak sebagai inspektur upacara.

Upacara tersebut juga diikuti oleh segenap anggota Forkopimda, jajaran TNI/POLRI, ASN, dan pelajar di kabupaten Magetan.

Bupati Suprawoto menyampaikan berkat perjuangan RA. Kartini, wanita memiliki kedudukan yang sama dengan laki-laki. Tidak hanya memperjuangkan emansipasi wanita tetapi juga toleransi. Berjuang dengan tetap bercermin pada kodratnya sebagai perempuan.

Pada momentum hari Pendidikan Nasional, Bupati Suprawoto mengatakan bahwa tiga tahun terakhir telah banyak perubahan pada dunia pendidikan.

“Merdeka belajar menjadi pintu besar bagi kemandirian belajar peserta didik. Pembangunan karakter harus tetapi menjadi pondasi utama dalam sistem pendidikan nasional. Karena esensi pendidikan tidak hanya melahirkan generasi yang cerdas, tetapi yang lebih utama adalah melahirkan generasi berakhlak mulia,” ujaranya.

Lanjut Suprawoto, 115 tahun lalu dengan berdirinya Budi Utomo menjadi tonggak pergerakan Kebangkitan Nasional. Mengejar ketertinggalannya dibandingkan negara lain. Bupati Suprawoto mengajak peserta upacara untuk melanjutkan perjuangan sesuai dengan profesi masing-masing, terus berkontribusi untuk bangsa dan tanah air.

“Kebangkitan Nasional bisa dimaknai pula dengan semangat untuk bangkit pulih dari pandemi. ” Mari kita rapatkan barisan dan lanjutkan perjuangan,” ajak Bupati Suprawoto.

Ia menambahkan, upacara tiga peringatan hari besar digabung karena begitu banyak event peringatan dalam 1 bulan terkahir.

“Memaknai ulang tahun memang terbaik pada saat hari itu lahir. Namun, kita menggabungkan kegiatan semacam ini supaya lebih efisien tetapi tidak mengurangi makna,” kata Suprawoto.

Baca Juga  Pemkab Landak Adakan Acara Ramah Tamah Penyambutan Pj. Bupati Landak

Pada kesempatan tersebut, juga diserahkan penghargaan kepada atlet peraih emas cabang olahraga Gulat pada Sea Games Kamboja 2023 atas nama Lulut Gilang Saputra.

Pos terkait