Upaya Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik SMPN Satu Atap Melalui Kunjungan Ke Graha Literasi Plaosan Bersama Mahasiswa KKN-T Unesa Magetan 22

Upaya Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik SMPN Satu Atap Melalui Kunjungan Ke Graha Literasi Plaosan Bersama Mahasiswa KKN-T Unesa Magetan 22

Magetan – Graha literasi Plaosan merupakan salah satu perpustakaan yang ada di kecamatan Plaosan yang menyediakan beragam buku yang menarik, mulai dari buku pengetahuan hingga buku cerita.

Graha literasi memiliki desain tempat yang cukup menarik sehingga membuat siapapun yang berkunjung akan merasa nyaman.

Di dalam graha literasi terdapat ruang-ruang yang dapat digunakan untuk membaca secara privat dan juga ada ruang auditorium yang dapat digunakan untuk mengadakan berbagai acara konvensi seperti tempat untuk pertunjukkan, pertemuan umum, dan lain sebaginya.

Melihat kondisi peserta didik di SMPN Satu Atap yang memiliki minat baca yang bisa dikatakan cukup rendah, mahasiswa KKN-T UNESA Magetan 22 Asistensi Mengajar membuat program yang berorientasi pada peningkatan literasi membaca peserta didik SMPN Satu Atap dengan mengadakan kunjungan ke graha literasi.

Hal ini dilakukan dengan harapan agar peserta didik SMPN Satu Atap dapat termotivasi dan mulai membiasakan diri untuk gemar dalam membaca.

Sebagai salah satu fokus pelaksanaan program kerja yang orientasinya berfokus pada peningkatan literasi siswa.

Mahasiswa KKN-T UNESA Magetan 22 berinisiatif melakukan kunjungan ke graha literasi yang ada di daerah Plaosan bersama para peserta didik yang didampingi oleh bapak ibu guru. Adanya kegiatan ini, mendapat dukungan dan respon yang sangat baik dari pihak sekolah.

Bapak, ibu guru pun menyadari bahwasannya peserta didik SMPN Satu Atap memiliki minat yang cukup rendah dalam hal membaca. Pihak sekolah pun memiliki harapan besar, dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan dorongan kepada peserta didik SMPN Satu Atap untuk memiliki
minat yang tinggi dalam hal membaca.

Baca Juga  Rapimnas JMSI, Erick Thohir: Media Siber Harus Ikut Jaga Demokrasi

“Tempatnya bagus, luas, desainnya keren, novelnya banyak dan bagus-bagus jadi bikin betah
disini. Tapi sayang, waktunya terbatas dan tidak semua kakak KKN bisa ikut kesini,” tutur salah satu peserta didik SMPN Satu Atap ketika ditanyai bagaimana perasaannya ketika sampai di graha literasi.

Kegiatan ini diawali dengan memberikan waktu kepada peserta didik SMPN Satu Atap untuk berkeliling melihat isi ruangan serta bahan bacaan di Graha Literasi bersama dengan mahasiswa KKN-T UNESA Magetan 22.

Peserta didik diajak berkeliling di graha literasi, untuk melihat beberapa bagian ruangan atau tempat yang ada di lingkungan tersebut, juga memberikan kesempatan pada peserta didik agar dapat melihat serta membaca beragam buku yang tersedia
di sana.

Setelah cukup waktu berkeliling dan membaca buku, mahasiswa KKN-T UNESA 22 mengajak
peserta didik beserta bapak ibu guru berkumpul di ruang auditorium untuk melakukan evaluasi.

Beberapa peserta didik diminta maju ke depan secara bergantian untuk menyampaikan hasil
bacaan yang telah mereka pahami.

Tujuan ini dilakukan agar dapat mengetahui kemampuan
peserta didik dalam membaca, menulis, memahami dan mengolah kata atau informasi melalui
buku yang telah mereka baca.

Hal ini merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk
mengetahui tingkat kemampuan peserta didik dalam literasi.

Penulis : Tim Mahasiswa KKN-T Unesa Magetan 22

Pos terkait