Wapres K.H Ma’ruf Amin Kunjungi Program Pengembangan Hortikultura Pisang Candendish di Ponorogo

Wakil Presiden RI K.H Ma’ruf Amin ikut panen posang Cavendish di Desa Pulung, Ponorogo.

Beritatrends, Ponorogo – Wakil Presiden (Wapres) RI, K.H Ma’ruf Amin melakukan kunjungan kerja dengan ikut memanen pisang cavendish di Desa Pulung, Kecamatan Pulung, Kabupaten Ponorogo.

Kedatangan Wapres K.H Ma’ruf Amin didampingi Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawangsa serta Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko, Rabu (30/3/2022).

“Pisang cavendish di Desa Pulung Kabupaten Ponorogo sebagai satu pilot project yang dimulai perusahaan mitra dari pada masyarakat,” ujar K.H Ma’ruf Amin.

Ia mengatakan, pisang cavendish di beberapa tempat sudah berhasil dikembangkan dan diekspor, diantaranya ada di Aceh, Lampung, dan di Jawa Timur paling banyak di Blitar dan beberapa daerah lain.

“Juga di Jawa Barat, seperti di Garut dan Sukabumi, kemudian juga di Bali Jembrana. Saya kira kita ingin holtikultura yang memiliki pasar bagus itu dikembangkan seperti pisang cavendish ini,” imbuhnya.

Dijelaskan Wapres, pasar ekspor pisang ini baru satu persen, jadi peluang pasarnya masih besar sekali. Pisang cavendish untuk
mengembangkan para petani, juga mendorong masyarakat untuk tinggal tetap di desa. Karena ada daya tarik dalam pengembangan pertaniannya.

“Agar mereka (petani) bisa hidup sejahtera dengan dibangunnya kemitraan antara pemerintah kemudian juga daerah,” bebernya.

Lembaga-lembaga keuangan seperti perbankan atau LPDB pengelola dana bergulir, bahkan juga dari baznas yang tadi ikut memberikan bantuan permodalan untuk budidaya pisang ini.

“Sebagai upaya pengembangan dan pemberdayaan masyarakat desa. Sekaligus juga kita mengentaskan kemiskinan kehidupan masyarakat di desa,” pungkas K.H Ma’ruf Amin.

Pos terkait