Warga Kampung Susu Magetan Antusias Ikuti Flasmob Goser Goyang Serekan

 Flasmob Goser Goyang Serekan.

Beritatrends, Magetan – Event bertajuk internasional Flashmob Goser Goyang Serekan digelar di Kampung Susu, Magetan, Jawa Timur, Sabtu (25/6/2022).

Aksi flashmob tersebut diikuti ratusan peserta, mereka sangat antusias menari mengikuti irama musik dengan mengenakan pakaian tradisional khas adat Jawa.

Mereka terdiri dari ibu-ibu, remaja putri hingga anak-anak asal desa setempat. Juga tampak Wakil Bupati Magetan, Nanik Nanik Endang Rusmiartini serta Ketua PKK, Titik Sudarti turut hadir dan menari bersama warga untuk memeriahkan acara.

Kegiatan ini diinisiasi oleh mahasiswa Prodi D3 Komunikasi Terapan Fakultas Vokasi, Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. Salah satu tujuannya, untuk melestarikan kesenian tradisional reog melalui goyang Serekan.

“Kami mempunyai gagasan ini karena kampung susu Singolangu mempunyai potensi yang luar biasa. Selain kampung susu, juga punya maestro Serekan yaitu Mbah Darmo Sabar yang usianya tidak lagi muda, tapi semangatnya luar biasa,” ujar Dosen Pembimbing Tugas Akhir di Fakultas Vokasi UNS, Deniawan usai acara.

Deni yang merupakan penggagas event Goser itu, menjelaskan alasan digelarnya flashmob karena selama ini Serekan hanya identik ditarikan oleh para pembarong. Padahal, Serekan merupakan tarian luar biasa yang bisa diikuti semua kalangan.

“Kita ambil gerakan dasar Serekan, sesuai dengan tagline kegiatan fresh and healing. Jadi, ketika ingin fresh and healing silahkan datang ke Singolangu,” jelasnya.

Sedangkan menurut Kepala Prodi D3 Komunikasi Terapan, Vokasi UNS, Joko Suranto menyebut kegiatan itu merupakan langkah awal dalam melestarikan kesenian dan menjalin kemitraan serta kerjasama dengan Pemkab Magetan. Terlebih tarian yang ditampilkan salah satunya juga kesenian khas Magetan.

“Dan saya sekira sepintas kalau mau dievaluasi gerakan hari ini adalah momen yang pas untuk meningkatkan kegiatan kerjasama selanjutnya. Mungkin tidak hanya kesenian reog dan susunya, tapi berdiskusi dengan warga bagaimana melahirkan program-program yang lebih bermanfaat,” ucap Joko.

Berdasar informasi, Goyang Serekan atau Goser, merupakan bagian dari tarian khas Reog Ponorogo. Gerakan khasnya adalah menirukan gerakan dari hewan merak, seperti pembarong dadak merak.

Sementara internasional event flashmob Goser (Goyang Serekan) yang berlangsung di Kampung Susu Singolangu Magetan digelar secara hybrid atau perpaduan online dan offline. Dalam hal ini, ada sejumlah negara dari luar negeri yang mengikuti secara online.

Pos terkait