BPBD Magetan Kirim Relawan dan Bantuan Logistik Korban Erupsi Gunung Semeru

Personil relawan BPBD Magetan saat dikirim di bencana erupsi Gunung Semeru.

Beritatrends, Magetan – Sebanyak 12 orang relawan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magetan dikirim ke Kabupaten Lumajang guna membantu penanganan bencana erupsi Gunung Semeru.

Mereka terdiri dari 7 personil TRC PB BPBD Kabupaten Magetan, dan 5 personil potensi relawan.

Di samping itu, BPBD juga mengirimkan berbagai paket bantuan logistik untuk korban erupsi Gunung Semeru yang ada di pengungsian.

Kalaksa BPBD Kabupaten Magetan, Ari Budi Santosa mengatakan, relawan dan paket bantuan tersebut sudah menuju lokasi bencana erupsi Gunung Semeru sejak Sabtu (4/12/2021) kemaren.

Relawan dan bantuan logistik tersebut tiba di lokasi pada Minggu (5/12/2021).

“Pada hari pertama, kami serahkan bantuan logistik di Posko darurat bencana di Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, memantau Jembatan Gladak Perak yang putus akibat aliran lahar panas, dan menyalurkan makanan kepada pengungsi, serta evakuasi warga terdampak,” kata Ari Budi Santosa, Senin (6/12/2021).

Dijelaskannya, bantuan logistik tersebut merupakan persediaan yang ada di BPBD Magetan dari BNPB dan BPBD Provinsi.

“Persediaan logistik apabila ada bencana di Magetan,” jelasnya.

Paket bantuan itu terdiri dari 60 selimut, 3.000 Masker Kain, 2.000 Masker Medis, 4 Terpal, 10 makanan siap saji, 50 Dus Mie Instan, 5 Paket Family Kit, 10 Paket Perlengkapan Sekolah dan sebagainya.

Disisi lain, Diakui oleh Ari Budi Santosa, BPBD Magetan belum membuka donasi bantuan untuk disalurkan ke Wilayah bencana erupsi Gunung Semeru.

“Namun, sudah banyak dari lembaga yang bergerak di bidang penanggulangan bencana dan sosial di Magetan yang telah membuka donasi untuk korban bencana Semeru, biasanya mereka mengumpulkan donasi dan diantarkannya sendiri,” ujarnya.

Selain menunggu animo dari masyarakat, BPBD juga siap untuk memfasilitasi apabila diajak bekerja sama dalam pengiriman logistik ke wilayah bencana.

Pos terkait