Bupati Pesawaran Resmikan Kegiatan TMMD KODIM 0421/LS Yang Ke-114

Bupati Pesawaran Resmikan Kegiatan TMMD KODIM 0421/LS Yang Ke-114

Beritatrends, Pesawaran Lampung – Kerjasama yang erat dari semua stakeholder kementerian atau lembaga pemerintah non kementerian pemerintah daerah, BUMD, swasta, serta dukungan partisipasi aktif masyarakat merupakan penentu keberhasilan TMMD.

Hal itu disampaikan oleh Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona saat membuka langsung TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Kodim 0421/LS yang Ke-114 tahun anggaran 2022, di Lapangan Tritura Desa Kedondong Kecamatan Kedondong Kabupaten Pesawaran, Selasa (26/7/2022).

Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona mengatakan Program TNI Manunggal Membangun Desa ini merupakan program lintas sektoral yang melibatkan TNI, Kementerian, Lembaga Pemerintah Non Kementerian dan Pemerintah Daerah, serta segenap lapisan masyarakat.

“Oleh karena itu, program ini diharapkan dapat mewadahi aspirasi dan kepentingan masyarakat di daerah pedesaan, karena proses perencanaan TMMD selalu diawali dengan melibatkan berbagai instansi dan masyarakat sebagai pelaku dan pengguna hasil TMMD” ujarnya.

Lanjutnya, melalui kegiatan TMMD ke-114 ini, dapat mewujudkan Pesawaran lebih maju dan sejahtera dan masyarakat yang produktif,.

“Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada jajaran TNI, Polri, atas penyelenggaraan TMMD di Desa Babakan Loa Kecamatan Kedondong,” ujarnya.

Selain itu Dendi menyampaikan kebanggaannya dan kehormatan bagi Pemerintah Daerah karena untuk satu semangat dan aksi demi Ibu Pertiwi dan demi masyarakat yang sejahtera, berdikari dalam satu wadah NKRI. Hal ini selaras dengan tema yang diusung yaitu TMMD Dedikasi Terbaik Membangun NKRI.

Dendi melanjutkan, TMMD telah banyak memberikan pelajaran berharga, betapa penting dan luar biasanya semangat gotong royong membangun bangsa. Semua bahu membahu, memberikan sumbangan pikiran, ide dan gagasan, sumbangan tenaga dan keterampilan, sumbangan materi dan kebendaan dan lain sebagainya.


“Melalui TMMD seperti inilah yang menjadi suatu kekuatan luar biasa untuk memajukan desa, menggali dan mendayagunakan potensi serta mengatasi berbagai isu atau persoalan terkini dengan solusi terbaik,” tutur dia.

Tak hanya itu, Dendi juga menjelaskan,Program TMMD telah membantu pemerintah dalam meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Pada prinsipnya, masyarakat harus benar-benar dapat hidup secara baik, sehat dan sejahtera.

Selain itu sambung Bupati, pembangunan fisik berupa infrastruktur sebagai penunjang perekonomian, tentunya pembanguan non fisik juga turut dilaksanakan, berupa Pelayanan Posyandu, Pelayanan Posbindu, Pelayanan KB, Pembinaan Siskamling, Penyuluhan Stunting, Pembinaan Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara, dan Penyuluhan Anti Narkoba.

“Hal ini harus dimaknai dan dipahami sebagai perwujudan komitmen Pemerintah Daerah Kabupaten Pesawaran dan TNI guna memberikan layanan prima berbasis partisipasi kolaboratif berkelanjutan demi kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Bupati menyebutkan, TMMD bukan semata membangun sarana fisik bagi masyarakat desa, tetapi dalam TMMD juga membangun semangat dan percaya diri masyarakat agar mampu mengelola potensi yang dimiliki serta kesiapsiagaan menghadapi setiap tantangan yang sedang dan akan dihadapi.

“Melalui program TMMD secara berkesinambungan, diharapkan akan dapat mewujudkan ketahanan masyarakat yang tangguh dalam menghadapi berbagai bentuk ancaman, yang muaranya akan berdaya guna bagi kepentingan pertahanan Negara,” pungkasnya.

Pos terkait