Bupati Ponorogo Rinjau Lokasi Rencana Pembangunan Tumah Sakit Tipe C Di Desa Selur

Beritatrends, Ponorogo – Bupati Ponorogo Kang Sugiri Sancoko meninjau lokasi rencana pembangunan rumah sakit tipe C bertempat di Dukuh Krajan Desa Selur, Selasa (16/1).

Pihaknya berencana mendirikan puskesmas pembantu (pustu) dilengkapi fasilitas rawat inap di Desa Selur Kecamatan Ngrayun yang berada di dataran tinggi.

“Ponkesdes (pondok kesehatan desa) yang sudah ada akan kita naikkan kelasnya menjadi Pusskesmas Pembantu, “kata Kang Bupati Sugiri saat meninjau lahan seluas 0,5 hektare yang diatasnya akan berdiri pustu berfasilitas ruangan rawat inap tersebut.

Kang Bupati Sugiri mengatakan, ketika fasilitas kesehatan memberikan layanan rawat inap, maka terdapat tenaga kesehatan terdiri dari dokter, perawat, dan bidan yang bertugas. Mereka bekerja secara shift (bergilir) untuk melayani pasien. Pasien tidak harus dirujuk ke bawah kalau terpaksa opname.

“Penanganan akan lebih cepat dan masyarakat merasakan Pemerintah hadir disetiap sendi kehidupan. Wilayah Kecamatan Ngrayun sebagian besar berupa pegunungan dengan ketinggian sekitar 700 meter di atas permukaan laut. Bahkan, sisi selatan Desa Selur berbatasan langsung dengan wilayah Kabupaten Trenggalek. Sudah menjadi tugas Pemerintah untuk memberikan layanan maksimal di bidang kesehatan. Apalagi, akses jalan di Kecamatan Ngrayun naik dan turun, “imbuh Kang Bupati

Sementara itu, Kades Selur Suprapto menyambut gembira pembangunan puskesmas di desanya. Masyarakat selama ini harus menempuh perjalanan jauh dan medan yang sulit ketika hendak berobat ke puskesmas induk, apalagi ke rumah sakit.

“Ide hebat membangun fasilitas kesehatan lengkap dengan layanan rawat inap di Desa Selur. Sesuai arahan Kang Bupati, pembangunan puskesmas pembantu di Desa Selur akan dimulai tahun ini, “ujar Suprapto.

Suprapto menambahkan, Pemerintah Desa setempat sudah menyiapkan lahan seluas 5.000 meter persegi bersamaan penyusunan detail engineering design (DED).

“Bukan hal yang tidak mungkin Puskesmas ini nanti berkembang menjadi rumah sakit tipe D. Seperti Puskesmas Kauman yang sekarang naik kelas menjadi Hospitel Bantarangin, “pungkasnya.

Pos terkait