Dinas Kesehatan Bersama PMI Magetan Menuju Herd Immunity

  • Whatsapp

Dari kiri Plt Kepala Dinkes Magetan , tengah Ketua PMI Magetan dan paling kanan Sekretaris PMI Magetan, Minggu (10/10/2021)

Beritatrends, Magetan – Upaya mensukseskan vaksinasi menuju Magetan Herd Immunity, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Magetan bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) Magetan adakan vaksinasi 1000 dosis kepada warga masyarakat Magetan di Pendopo Surya Graha, Minggu (10/10/2021).

dr. Rohmat Hidayat Plt Kepala Dinkes Kabupaten Magetan  mengatakan, pelaksanaan vaksinasi ini rutin digelar setiap akhir pekan di Pendopo Surya Graha Magetan.

“Vaksin yang disediakan sebanyak 1000 dosis. Pelaksanaan vaksinasi di Pendopo Surya Graha ini sudah keempat kalinya digelar,”papar Rohmat.

Vaksinasi diikuti oleh masyarakat yang sudah dibagi per Kecamatan dan untuk pelaksanaannya diikuti warga masyarakat Kecamatan Magetan, terutama para lansia yang belum mendapatkan vaksin. Namun karena jumlah pendaftar lansia sedikit, untuk itu diperuntukan bagi masyarakat umum usia muda.

“Kegiatan ini melibatkan tenaga kesehatan (Nakes) lintas sektor TNI/Polri, Nakes dari PMI serta dari Nakes RS Swasta kenapa demikian agar Nakes PNS biar bisa isterahat,”terang Rohmat.

Lanjutnya, cakupan untuk dosis satu hingga saat ini sudah mencapai 49,50 persen kemudian untuk lansia sudah mencapai kurang lebih 33 persen. Untuk menuju ke level dua, untuk dosis satu masih kurang 0,5 persen dan untuk lansia masih kurang banyak.

“Target hingga akhir tahun ini muda-mudahan bisa tercapai, sepanjang jumlah vaksin tersedia dan cukup, Insyaallah hingga akhir tahun 2021 ini bisa mencapai minimal 70 persen, yang penting vaksinya ada sehingga bisa lancar nantinya,”jelas Rohmat.

Bambang Trianto Ketua PMI Kabupaten Magetan mengatakan, PMI punya jatah vaksin sekitar 20.000 dosis, hari Jumat kemarin telah datang, untuk itu pelaksanaan vaksinasi pertama di laksanakan di Pendopo Surya Graha, Minggu (10/10/2021) ini dan untuk selanjutnya akan dilaksanakan di beberapa tempat yang lainya.

“Dengan jumlah vaksin tersebut diharapkan nantinya warga masyarakat Magetan semuanya akan mendapatkan vaksin, untuk itu pihaknya bekerja sama dengan Dinas Kesehatan untuk pelaksanaan vaksinasi selanjutnya,”terang Mantan Sekda Magetan itu.

Pelaksanaan selanjutnya akan koordinasi dengan Dinkes dan nantinya di 18 Kecamatan Magetan akan mendapatkan bagian semuanya, karena datangnya vaksin bertahap. Saat Sekarang baru datang 5000 dosis dan tahap berikutnya akan koordinasi dengan Dinkes wilayah mana yang harus didahulukan karena jumlah vaksin yang datang baru sedikit.

“Pelaksanaan Vaksinasi bersama Dinas Kesehatan Magetan di harapkan bisa lancar. Tentunya dalam pelaksnaan protokol kesehatan tetap harus kita jaga, sehingga tujuan mulia ini tidak ternodai dengan berkerumunya banyak orang,”pungkas Bambang.

Pos terkait