Dinas PUPR Magetan Memastikan Tugas, Fungsi, Pelayanan Publik Bidang Infrastruktur Tetap Berjalan

Beritatrends, Magetan – Indonesia kini tengah menjadi salah satu negara yang terancam dengan penyebaran pandemik global corona virus disease 2019 (Covid-19) tak terkecuali di Kabupaten Magetan.

Menindaklanjuti program Bupati Magetan Dr. Drs. H. Suprawoto, SH. M.Si yaitu “Magetan Bangkit Magetan Tumbuh” memberikan arahan kepada seluruh lapisan masyarakat Magetan, untuk melakukan social distancing dengan membatasi interaksi dan tetap melakukan aktivitas di rumah.

Maka dari itu, dalam rangka meningkatkan upaya pencegahan dan meminimalisir penyebaran, serta penanganan dampak virus, PUPR Magetan memastikan pelaksanaan tugas, fungsi, serta pelayanan publik bidang infrastruktur tetap berjalan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR) Magetan Ir. Muchtar Wahid mengatakan, Dinas PUPR ini bertugas membangun sarana prasarana yang semua bertujuan untuk kelancaran asesi integritas dan perekonomian masyarakat.

Di Dinas PU ini ada 5 bidang :
1). Pertama Binamarga ini menangani 630 Kilo Meter jalan di Kabupaten Magetan. Dari 630 itu sudah dikerjakan sekitar 53 Persen, kita aspal masih sekirar 47 Persen, ini nanti terus kita tingkatkan, terus kita kejar, untuk jalan lebih baik dan lebih mantap. Kemudian ada sekitar 300 Jembatan juga yang harus kita pelihara.
2). Kedua dibidang Cipta Karya ini bertugas untuk membangun gedung-gedung pemerintah kemudian prasarana trotoar, drainase, juga membangun trotoar dalam kota, membenahi kota akan lebih indah sesuai dengan usulan Pak Bupati, Perintah Pak Bupati agar Magetan ini lebih nyaman lebih indah.
3). Kemudian tidak kalah pentingnya untuk mengatasi mengurangi banjir-banjir yang ada di Kabupaten Magetan terutama yang terkenal banjir yang ada di daerah Samsat. Sekarang sudah ada penyempitan di daerah Sadon itu diharapkan menyelesaikan akhir Desember ini, dan mengurangi air ke Samsat sekitar 20 persen, kemudian strategi yang kedua kita lakukan normalisasi dibelakang Samsat, disitu nanti kita bagi alirannya jadi 2 bagian, 1 ke putaran arah Samsat, yang ke 2 ke selatan kearah Tri Pandita disitu juga kita kerjakan, Nanti disitu juga bisa mengurangi air sekitar 20 persen. Strategi Sudetan, dan normalisasi saluran, ini bisa kita laksanakan, diharapkan Samsat ini berkurang 40 persen. Kemudian strategi yang ke 3 ini terkait dengan Bidang Sumber Daya Air jadi 2 bidang ini berkolaborasi untuk mengatasi banjir. Strategi ke 3 membuat embung karena embung anggaranya besar sekitar 15 Milyard, kita sedang berusaha mengusulkan embung ini ke kementrian pekerjaan umum. Kalau strategi kemudian bisa terlaksana banjir disamsat, sudah bisa atasi dan bisa kita kendalikan ini perlu waktu. Akhir Desember ini diharapkan banjir sudah bisa berkurang sekitar 40 persen dari sudetan dan dari normalisasi saluran. Kemudian dibidang SDA sendiri tugasnya mendukung ketersediaan air dibidang bidang pertanian, didaerah-daerah pertanian yang sudah ditetapkan sudah tidak ada saluran-saluran, kita Benahi kemudian embung-embung sedang kita bangun di tahun 2022 nanti ada 8 rehabilitasi 8 embung. Lomstorik bangun tingkat pembantu pengendalian di bidang SDA.
4). Kemudian di bidang tata ruang kita sudah menyelesaikan RDTR, 1 RDTR Magetan dan tahun ini Alhamdulillah RDTR Sukomoro sudah dilaksanakan dan persubnya sudah keluar dari kementerian ATR DPN. Dan insyaallah RDTR Barat sudah dikeluarkan dilaksanakan minsec sudah terlaksana RT RW sudah dalam proses revisi sehingga kalau RDTR nanti diharapkan sudah selesai kita menunjang investasi. Karena investasi perijinan melalui OSS, OSS itu adalah datanya melalui RBTN sehingga investasi dilakukan, investasi di Magetan ini melalui perijinan akan semakin mudah, melalui OSS dan juga yang ditunjang dengan RBTN, kita susun ini terkait dengan tata ruang.
5). Kemudian ada juga jasa kontruksi, Jasa kontruksi ini penting untuk menyiapkan jasa sumberdaya manusia Di Kabupaten Magetan ini tenaga ahlinya yang diperlukan itu sekitar 2500 tenaga ahli, ditahun 2020 kemarin bisa membiaya sekitar 150 tenaga ahli. Alhamdulillah ditahun 2021 ini dari bidang Jasa kontruksi akan ada pelatihan-pelatihan, bekerjasama dengan jasa kontruksi provinsi bisa menambah sekitar 211 tenaga ahli, sehingga di tahun 2021 ini seratus 150 ditambah 211 tenaga ahli, sudah bisa kita siapkan dan untuk menuju 2500 tenaga ahli, tentu kita di tahun-tahun berikutnya, tentu akan kita tambah sekitar setahunan bisa kita tambah sekitar 300 tenaga ahli, yang bisa kita tambahkan melalui pelatihan-pelatihan.

Tugas dari Dinas PUPR adalah ibaratnya kita menyiapkan panggung, agar selesai, silahkan ini nanti temen-temen dibidang yang lain bermain secara bagus, bermain secara cantik dan tugas kami adalah menyiapkan sarana prasarana untuk bidang-bidang yang terkait.

Pos terkait