DPRD Kabupaten Madiun Berikan 13 Rekomendasi Terkait LKPJ Bupati Tahun 2021

SERAHKAN REKOMENDASI—Ketua DPRD Kabupaten Madiun, Fery Sudarsono menyerahkan rekomendasi terhadap laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Madiun tahun 2021, di ruang sidang DPRD Kabupaten Madiun, Kamis (14/4/2022).

Beritatrends  Madiun – DPRD Kabupaten Madiun menggelar sidang paripurna dengan agenda penyerahan rekomendasi DPRD terhadap laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Madiun tahun 2021, Kamis (14/4/2022).

Rapat yang dipimpin Ketua DPRD Kabupaten Madiun, Fery Sudarsono menyampaikan 13 capaian kinerja Bupati Madiun, Ahmad Dawami yang disampaikan dalam bentuk rekomendasi untuk segera ditindaklanjuti Pemkab Madiun.

“Ada tiga belas poin yang direkomendasikan pertama indeks toleransi dan indeks solidaritas masing-masing mencapai 100,05 dan 100,50 persen. Selain itu indeks professional aparatur tercapai 60,58 persen, Desa mandiri 112,79 persen, Indeks layanan infrastruktur sebesar 100,2 persen, tingkat pengangguran terbuka turun 1,01 persen dan indeks kesehatan sesuai target, 0,79 persen, indeks pembangunan gender 91,7 persen dan indeks pendidikan terapai 99,05 persen,” ujar Fery.

Fery mengatakan kurang tercapainya indeks pendidikan karena dihantam pandemi covid-19. Kondisi itu berdampak sistem pembelajaran harus dilaksanakan secara daring sehingga mengakibatkan kegiatan belajar dan mengajar kurang efektif.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Madiun, Slamet Rijadi berharap Bupati Madiun, Ahmad Dawami menindaklanjuti 13 rekomendasi tersebut. Sehingga kedepan anggaran dana insentif daerah (DID) bisa meningkat lantaran 2023 pasangan Bupati Madiun dan Wakil Bupati Madiun, Ahmad Dawami-Hari Wuryanto terakhir menjabat.

“Rekomendasi itu kami harapkan ditindaklanjuti Bupati dan Wakil Bupati Madiun. Dengan demikian DID Kabupaten Madiun akan naik. Apalagi DID itu merupakan penilaian kinerja dari pemerintah pusat,” kata Slamet.

Slamet menturukan turunnya anggaran DID di Kabupaten Madiun menunjukkan kinerja OPD turun dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Untuk itu 13 rekomendasi yang diberikan Ketua DPRD Kabupaten Madiun, Fery Sudarsono kepada Bupati Madiun, Ahmad Dawami dapat ditindaklanjuti serius.

Terhadap rekomendasi itu, Bupati Madiun, Ahmad Dawami menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada para wakil rakyat yang telah memberikan catatan strategis serta rekomendasi terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) tersebut.

“Atas nama pemerintah Kabupaten Madiun saya mengucapkan terimakasih kepada seluruh anggota DPRD, catatan strategis dan rekomendasi nya akan kita tindak lanjuti untuk memaksimalkan pelayanan publik dan menyelesaikan masalah yang ada,” kata Ahmad Dawami.

Sementara itu, Wakil Bupati Madiun menambahkan jika rekomendasi yang diberikan akan segera dilanjuti dan membuat Kabupaten Madiun lebih baik kedepannya.
“Akan kita tindaklanjuti rekomendasi dari teman-teman dewan untuk Kabupaten Madiun yang lebih baik lagi,” demikian Hari Wur.

Pos terkait