Haul Raden Mas Tumenggung Ario Soerjo alias Gubernur Suryo

Ketua DPRD Magetan dan Ketua DPRD Jawa Timur saat tabur Bunga

Beritatrends, Magetan – Ziarah ke Makam Raden Mas Tumenggung Ario (RMTA) Soerjo alias Gubernur Suryo, gubernur pertama Provinsi Jawa Timur di tahun 1945 begitu Indonesia Merdeka.

Tradisi ziarah ke makam Gubernur pertama Provinsi Jawa Timur merupakan dalam rangka Haul Gubernur Suryo. Bersama Bupati Magetan Suprawoto dan pejabat Forkopimda Magetan, Ketua DPRD Provinsi Jawa Timur kusnadi, S.H.,M.Hum memimpin penghormatan, mengheningkan cipta dan juga tabur bunga ke makam pahlawan nasional tersebut.

Seringkali kita dengar bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang bisa memberikan penghormatan dan menghargai jasa pahlawannya, Gubernur Suryo merupakan pahlawan nasional. Mari kita membangun satu komitmen bahwa ada perjuangan, ada pengorbanan dan itu diteladankan sosok pahlawan kita.

Kusnadi, SH, M.Hum Ketua DPRD Jawa Timur mengatakan, kami Pemerintah Provinsi Jawa Timur, apapun tidak bisa lepas dari beliau, beliau adalah penyemangat bagi kita semua, beliau juga Gubernur Pertama Jawa Timur, dan beliau juga penyemangat bagi Pemerintahan khususnya di Provinsi Jawa Timur.

“Penghargaannya, kita pada hari wafatnya beliau, pada tanggal wafatnya beliau, kita selalu mengingat beliau dengan cara mendoakan beliau,”pinta Kusnadi

Pesan bagi generasi muda biar bagaimanapun bahwa saat ini Indonesia sedang mengalami pertumbuhan yang luar biasa, dan itu sampai puncaknya di tahun 2045.

“Jadi pada tahun 2045 Indonesia akan puncak bonus demografi, dan setiap bangsa itu hanya mengalami satu kali bonus demografi, dan Indonesia akan mengalaminya pada tahun 2045,”pesan Kusnadi.

Walaupun di Jawa Timur ini terjadi pertumbuhan bonus demografi, cita cita kita di tahun 2045 ini adalah Indonesia yang merdeka.

“Harapan kita adalah Indonesia yang seutuhnya, Indonesia yang seutuhnya adalah Indonesia yang selalu dilandasi oleh Budi Pekerti oleh pemikiran-pemikiran dari para leluhur kita, dan oleh itu harapan kami pada generasi muda yang akan datang, yang akan menjadi pengganti-pengganti kami jadilah orang Indonesia yang seutuhnya yang berorientasi dan juga selalu mengingat tentang leluhur, bagaimana misi visi leluhur membangun Indonesia ini jangan sampai dilupakan,”papar Kusnadi.

Baca Juga  Selamat Datang Pangdam V/Brawijaya di Kodim 0804/Magetan

Ditempat yang sama Ketua DPRD Magetan Sujatno, SE. MM mengatakan, pada prinsipnya kami menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah DPRD Provinsi Jawa Timur, Gubernur Provinsi Jawa Timur yang memberikan perhatian terhadap Pahlawan Nasional Kanjeng Raden Mas Tumenggung Ario yang merupakan Gubernur Jawa Timur pertama.

Dari penghargaan kepada beliau tentunya mempunyai efek yang sangat luar biasa bagi kehidupan berita daerah Kota Magetan ini, nanti juga bisa menggerakkan perekonomian yang dimasukan dengan kegiatan-kegiatan yang dilakukan dalam rangka haul Gubernur Suryo akan memberikan dampak ekonomi terhadap pertumbuhan Kabupaten Magetan ini.

“Apresiasi ini patut kami ucapkan terima kasih dan sampaikan nanti akan menjadi kegiatan rutin setiap tahun, sehingga Magetan ini semakin maju dan masyarakat yang akan ziarah ke Makam Pahlawan Nasional Gubernur Suryo ini,”pungkas Sujatno.

Pos terkait