Hore! Jalur Pendakian Gunung Lawu Via Cemorosewu Dibuka Lagi

Beritatrends, Magetan – Magetan – Jalur pendakian Gunung Lawu via Cemorosewu dibuka kembali mulai, Senin (20/11/2023). Jalur pendakian Gunung Lawu via Cemorosewu sebelumnya ditutup sementara karena kebakaran lahan di lerengnya.

Wakil ADM Perhutanin BKPH Lawu DS, Yudiyono menyatakan, dengan dibukanya kembali Cemorosewu, ekonomi warga sekitar kembali bergeliat.

“Diharapkan para pendaki untuk selalu mematuhi aturan dan tidak merusak lingkungan, terutama di jalur-jalur ekstrem,” harapnya.

Meskipun kondisi sudah aman dari karhutla, pihak berwenang tetap memasang police line di tempat-tempat berbahaya sebagai langkah antisipasi.

Dampak dari kebakaran hutan dan lahan di Gunung Lawu beberapa waktu yang lalu mencapai luasan sekitar 2.326 hektar. Setelah pemulihan dan mitigasi yang dilakukan oleh pihak berwenang, kini jalur pendakian dianggap aman dan siap didaki.

“Kabar baiknya, sekarang Gunung Lawu via Cemorosewu buka selama 24 jam penuh. Bila sebelumya buka pagi hingga sore saja per hari ini bisa 24 jam ya,” paparnya.

Untuk tiketnya saat ini masih kita pertimbangkan penerapan pembelian tiket secara online untuk memudahkan para pendaki.

“Kembali kami ingatkan bagi para pendaki untuk mematuhi peraturan, menghindari pendakian solo, dan tidak merusak lingkungan sekitar. Dengan dibukanya kembali jalur pendakian ini, diharapkan perekonomian warga sekitar dapat kembali normal,” pungkas Yudiyono.

Baca Juga  Tim Verifikasi Dari Korem 081/DSJ Madiun Datangi Kodim 0808/Blitar

Pos terkait