Kesbangpol Kabupaten Pringsewu Gelar Peyuluhan dan Pendidikan Politik

Beritatrends, Pringsewu – Kesbangpol Kabupaten Pringsewu menggelar penyuluhan dan Pendidikan politik kepada organisasi masyarakat dengan tujuan peningkatan partisipasi dalam demokrasi dengan tema “Peran Ormas dan Pemuda dalam membangun Demokrasi”.bertempat di hotel Regensy Pringsewu. Jumat(4/3/2022).

“Hari ini kita melakukan penyuluhan politik bagi organisasi masyarakat (ormas) untuk meningkatkan partisipasi dalam demokrasi,” ujar Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Pringsewu Sukarman,S.Pd.

Lebih lanjut disampaikannya, dalam kegiatan tersebut pihaknya mengundang Organisasi masyarakat yang ada di Kabupaten Pringsewu untuk menjadi agen perubahan dalam partisipasi politik masyarakat Kabupaten Pringsewu yang baik dalam mendapatkan pemimpin baik.

“Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat menambah pengetahuan para Ketua dan Pengurus Organisasi masyarakat, setelah ini nanti mereka tentu akan sampaikan kepada anggotanya dan masyarakat.
Sukarman Menambahkan dalam memilih pemimpin harus mempunyai empat hal ini yaitu Sidik,Patonah,Amanan dan Tablik kalau ada di diri nya harus di pilih kalau ingin mempunyai pemimpin yang baik,” ungkapnya.

Dalam kegiatan tersebut, Kesbangpol mengundang dua narasumber, yang terdiri dari KPU Kabupaten Pringsewu dan Bawaslu Kabupaten Pringsewu Tentunya pertemuan tersebut diharapkan partisipasi politik masyarakat dalam Pemilu 2024 yang akan datang.

“Walaupun Kabupaten Pringsewu masih lama terkait masalah Pilkada, yang perlu kita sampaikan bagaimana organisasi masyarakat yang diundang dapat menginformasikan dengan benar untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam berpolitik,” pungkasnya.

Komisioner KPU Kabupaten Pringsewu Juniantama mengatakan “lembaga ethok KPU seperti PPK /PPS akan ada pengrekrutan dan penerimaan di bulan Oktober 2022 berdasarkan aturan dan syarat yang ada berlaku di Peraturan PerKPU, ini kami meminta partisipasinya kawan kawan Ormas dan saranya untuk kemajuan demokrasi di Kabupaten Pringsewu,” terangnya.

Dalam materinya Bawaslu Kabupaten Pringsewu Fathul arifin mengatakan, “tugas Bawaslu Kabupaten Pringsewu Pencegahan,Pengawasan dan Penindakan itu semua tertuang dalam Peraruran Bawaslu,kalau di Bawaslu belum ada kabar kapan ada Pengrekrutan Panwascam atau PPL kita biasanya melihat dari KPU, kalau KPU bulan Oktober kita tidak jauh jauh juga dari itu,” ujarnya.

Ketua HIPAKAD Kabupaten Pringsewu Cikhan Kristianda saat di temui media mengatakan Apresiasi Kepada Kesbngpol Kabupaten Pringsewu dan Sekretaris Daerah Kabupaten Pringsewu telah memberikan Penyuluhan dan Pendidikan Politik Kepada Para Ormas Sekabupaten Pringsewu, harapannya kedepan di Pemilu 2024 Kabupaten Pringsewu bisa mendapatkan pemilih cerdas dan pemimpin baik sesuai dengan empat hal dasar Sidik ,Patonah, Amanan dan Tablik yang di katakan Kepala Kesbangpol tadi.

HIPAKAD Kabupaten Pringsewu siap membatu Penuh Tugas KPU Kabupaten Pringsewu dan Bawaslu Kabupaten Pringsewu kedepan. “Bagi Anggota Hipakad yang memiliki Syarat dan mampu ikut menjadi bagian Penyelenggara KPU/Bawaslu saya selaku ketua mempersilahkan mendaftar di bulan Oktober 2022 mendatang tunggu kabar dari dua lembaga penyelenggara Pemilu ini,” ujarnya.

Hadir dalam acara tersebut Para Ormas Sekabupaten Pringsewu, dan Organisasi Kepemudaan.

Pos terkait