Mengelolah Limbah : Mas Untung Membawa Keberuntungan Untuk Masyarakat

AKBP Ikhwan Lubis SH.MH. kunjungi pengelolaan limbah milik Untung

Beritatrends, Batu Bara – Kapolres Batu Bara AKBP Ikhwan Lubis SH.MH. kunjungi pengelolaan limbah milik Untung (35) yang membawa keberuntungan untuk masyarakat Desa Kuala Tanjung Kec. Sei Suka, Kab. Batu Bara, Rabu ( 15/9/2021 ) Sore.

Di ketahui Untung adalah seorang pengusaha ternak yang sangat menginspirasi masyarakat diseputaran linkunganya Desa Kuala Tanjung khususnya, Untung yang saat itu mencoba mengelolah limbah sampah organik menjadi pakan Ikan dan Unggas, melakukan uji coba pembuatan Pelet dari sampah yang membusuk dan dijadikan pakan untuk ternak itik dan ikan lele, ternyata membuatnya berasil memangkas biaya pakan ternaknya hingga lebih dari 50% , biaya ongkos yang di keluarkannya.

Pasalnya, limbah organik yang ia jadikan makanan ulat yang disebut maggo dengan produksi campuran dedak padi menjadikanya keberuntungan yang berlipat.

Dijelaskan Mas Untung dalam pengelolaan limbah sampah organik, awalnya pihaknya melihat tumpukan sampah yang membusuk dan sangat bau disetiap jalan pasar yang ada diseputaran Pasar Tradisionil milik warga didaerahnya, kemudian saya melihat Ulat Manggo yang dimakan ternak unggas warga, lantas saya mencoba membudidayakan Ulat Manggo tersebut menjadi banyak dengan memelihara sefeces lalat biasa di sebut masyarakat lalat tentara hitam, ternyata sangat gampan dan membuahkan hasil positif, perkembangan Ulat Maggo sangat cepat dengan hasil panen pakan untuk ikan dan unggas ini.

“Dalam 20 hari, sudah bisa memanen Ulat Manggo tersebut, dan untuk pakan Ikan lele Gurami, Ikan Mas, khususnya air tawar sangatlah baik, protein dari ulat tersebut membuat hasil panen sangat cepat, dua bulan ikan yang diternak sudah dapat dipanen dengan sekitaran 8 Ekor perkilo gramnya,”papa Untung.

Langkah seperti ini sangat baik, untuk dikembangkan kepada masyarakat agar dapat menambah hasil perekonomian di masa Pandemi Covid 19 ini.

“Modal utama adalah bibit dan tempat (kolam), kalau dahulu yang ditakutkan adalah pakan, saat ini pakan untuk Ikan dan Unggas tidak usah dikawatirkan karena tanpa modal apapun sudah bisa menciptakan pakan dari limbah yang ada disekitar kita, seperti daun daunan, sayuran busuk maupun pelepah pisang dan banyak lagi sampah organik yang kita bisa jadikan Pakan,”jelas Untung.

Ini semua dilakukan untuk masyarakat Indonesia agar tak ada lagi pengangguran diwilayah kita, dan dapat melakukan keuntungan besar kepada masyarakat.

“Pihaknya mau bergabung bersama Komunitas Sedekah Jum’at (KSJ) dalam mengedukasi para anak Yatim dan Piatu serta masyarakat di Kampung Sedekah yang didirikan Ksj di Desa Petatal yang kemarin diresmikan Gubernur Sumut, saya akan menjadikan mutiparor dalam mengedukasi masyarakat kampung Sedekah yang di bina langsung Bapak Kapolres Batu bara AKBP Ikhwan SH.MH,”ungkap Untung.

Kapolres Batu Bara AKBP Ikhwan SH.MH. dalam kunjungannya ke usaha Untung menjelaskan, ini sangat baik untuk kita ikuti, dimana masa Pandemi Covid 19 ada sosok pemuda mengisfirasi dan bisa membuka peluang kerja kepada seluruh masyarakat serta usaha masyarakat mandiri.

“Kalau saja masyarakat akan banyak yang melakukan seperti Untung ini, dapat dipastikan Kamtibmas yang ada diseluruh daerah akan menjadi sangat aman, pastinya tak banyak lagi pengangguran dan masyarakat akan sejahtera dengan melakukan usaha mandiri juga dapat mempekerjakan masyarakat, seperti mas Untung yang membawa keberuntungan untuk masyarakat, nantinya akan tumbuh Untung Untung yang sukses seperti Mas Untung sekarang ini, yang sekarang saya ketahui memiliki 20 karyawan kerja dengan memproduksi Pakan ternak Ikan dan Unggas,”terang Kapolres Batu Bara.

Saya akan mendukung penuh masyarakat dalam menciptakan kesejahteraan pada masa sesulit ini. “Dan saya siap menjadi pembina di kab. Batu Bara untuk masyarakat yang ingin melakukan hal yang sama seperti Mas Untung,”pungkas Ikhwan.

Pos terkait