Nostalgia di Event Tempo Doeloe Desa Janggan, Dolanan Anak Tradisional

Nostalgia di Event Tempo Doeloe Desa Janggan, Dolanan Anak Tradisional.

Beritatrends, Magetan – Geliat perkembangan seni dan budaya di Kabupaten Magetan semakin berpengaruh bagi warga dan masyarakat, bahkan sekarang ini Pemerintah Desa (Pemdes) Janggan, Magetan, mulai menampilkan eksistensi budaya lokal tempo doeloe yang mampu memicu dan bernostalgia.

Tak hanya di situ saja, bahkan bagi anak-anak sekalipun bisa lebih mengenal dan belajar tentang budaya di masa lampau.

Festival Janggan Tempo Doelo dengan tema Dolanan Anak Tradisional dengan menampilkan beberapa kegiatan seperti Keroncong Stanza Melodya, Pameran Barang Antik, Bazar Makanan Jadoel, Layar Tancap, Reog, Pertunjukan Dolanan Tradisional, Tari Tradisional dan masih banyak lainya, yang dipusatkan di depan kantor Desa Janggan, Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan, Sabtu malam (23/07/2022).

Festival Janggan tempo doeloe ini diapresiasi oleh Pemkab magetan, terlihat Bupati didampingi Sekretaris Daerah serta Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Magetan juga ikut serta dalam kegiatan tersebut.

Bupati Magetan Suprawoto dalam sambutanya menyampaikan terima kasihnya kepada Pemdes serta masyarakat setempat, yang mana sudah mengingatkan memori yang mulai memudar dari jaman sekarang.

“Apalagi pembawaan tari dan juga permainan tradisional yang dibawakan anak-anak tadi membuat kita semua bernostalgia bersama, tak hanya disitu saja, bahkan anak-anak di jaman sekarang ini bisa lebih mengenal permainan-permainan jaman dulu, kan banyak anak-anak jaman sekarang kesehariannya sibuk dengan handphone,” ungkapnya.

Ia menuturkan, permainan-permainan seperti dakon, bentik, cublak-cublak suweng, dan lain sebagainya tadi mungkin saat ini sudah mulai punah, mudah-mudahan dengan hadirnya Janggan tempo doeloe ini bisa menumbuhkan keinginan anak untuk terus menjaganya.

Sementara itu, Kepala Desa Janggan Haryadi menginginkan kegiatan Janggan tempo doeloe ini bisa masuk dalam kalender event Kabupaten.

Baca Juga  Setukpa Lemdiklat Polri Gelar Ceramah Kamtibmas ke Sekolah dan Pesantren

“Atas nama Pemerintah Desa dan masyarakat, kami berharap kepada Bapak Bupati agar Janggan tempo doeloe ini bisa dimasukan dalam agenda tahunan kabupaten, atau kalender event pemkab magetan, sebab kegiatan seperti ini masih banyak yang belum mengenal apalagi dikalangan anak muda yang sekarang ini,” harapnya.

Pos terkait