Panen Raya Padi, DTPHP Pastikan Magetan Surplus Beras

Pj Bupati bersama Forkompimda  dan DTPHP Panen Raya Beras Pastikan Magetan Surplus Beras

Beritatrends, Magetan – Kabupaten Magetan Jawa Timur mulai memasuki masa panen raya padi. Panen diperkirakan akan berlangsung hingga awal April mendatang.

Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan (DTPHP) setempat turut memulai panen raya perdana bersama Pj. Bupati Magetan dan jajaran Forkopimda, di Desa Panggung, Kecamatan Barat, Senin (18/03/2024).

Kepala DTPHP, Uswatun Chasanah memastikan bahwa dari hasil panen periode Januari-April 2024, ketersediaan beras di Magetan mengalami surplus.

“Magetan dari luasan lahan panen dibanding dengan kebutuhan pangan masyarakat memang surplus. Lahan yang ditanami juga cukup luas sehingga bisa lebih untuk mencukupi kebutuhan masyarakat yang ada,” jelasnya.

Ana, sapaan akrab Uswatun Chasanah menjelaskan, realisasi lahan tanam padi di Magetan pada periode ini seluas 22.549 hektar. Sedangkan produksinya mencapai 161.515 ton.

Adapun di salah satu sentra tanaman padi tersebut, hasil panen ia nilai baik. Terlebih, sebagian besar petani juga telah menggunakan mesin combine.

“Setelah diubin hasilnya 7,4 ton/hektar. Target kita rata-rata Magetan 6,4 ton/hektar, artinya produksi disini sudah bagus diatas rata-rata,” papar Ana.

Kedepan, Ana berharap para petani terus meningkatkan produktivitasnya guna mencukupi ketersediaan pangan.

Senada dengan hal tersebut, Pj. Bupati Magetan, Hergunadi pun turut menyambut positif. Bahkan pihaknya membuka tangan lebar apabila Poktan memerlukan koordinasi, agar setiap kali panen terlaksana dengan baik.

“Terima kasih atas hasil kerja keras para petani, kami bersyukur bisa panen dalam keadaan baik dan hasilnya bagus. Harga gabah yang relatif tinggi tentunya membuat pendapatan petani juga naik,” ungkap Hergunadi.

Baca Juga  Staf Ahli Bupati Landak Hadiri Peresmian Peletakan Batu Pertama Pembangunan Gereja Isa Almasih

Pos terkait