Para Pertenak Ayam Magetan Aksi Turun Kejalan : Dimohon Pemerintah Memperhatikannya

  • Whatsapp

Para peserta saat melakukan yel-yel dukung pemerintah dan dukung para peternak walaupun lagi terpuruk, Senin (27/9/2021)

Beritatrends, Magetan – Berbeda dengan konsumen, anjloknya harga telor ayam ras belakangan ini malah memukul kalangan peternak. Pasalnya, turunnya harga telur berbarengan dengan naiknya harga pakan ayam.

Peternak ayam petelur di Magetan Jawa Timur, merugi akibat harga ayam dan telur merosot. Padahal, pada saat yang sama harga pakan ayam terus melambung.

Kondisi peternak ayam, baik daging maupun telur sudah sulit bangun, karena pakan naik, tapi harga ayam dan telur malah turun.

Tanpa intervensi pemerintah, peternak tinggal menanti kebangkrutan, peternak ayam petelur di Magetan, selama ini Magetan dikenal sebagai salah satu sentra penghasil ayam pedaging atau broiler dan ayam petelur.

Surohman perwakilan salah satu peternak mengatakan, bagaimana peternak yang ada di Kabupaten Magetan ini bisa bangkit kembali.

Sekarang ini para peternak mandiri terpuruk keadaannya, ada yang banyak gulung tikar pada kondisi yang saat ini, karena tidak berimbangnya harga telur yang ada dipasarann dibandingkan dengan biaya operasional yang semakin tinggi.

Pihaknya berharapan kepada pemerintah kabupaten Magetan dan pemerintah pusat mohonlah diperhatikan, bagaimana pemerintah itu hadir ditengah-tengah dimasa sulit seperti ini, maupun nanti kedepannya saat kita dimasa-masa yang sudah normal kembali.

Pihaknya senang pemerintah hadir ditengah-tengah kondisi dengan bentuk apapun, dengan pembinaan ataupun memberikan sebuah solusi.

Peternak menuntut satu : beri harga telur maupun harga jagung itu dengan harga yang wajar jadi peternak tidak menuntut harga, harga wajar, karena itu ada standarnya baik itu harga jagung maupun harga telur.

Kemudian yang ke dua : stop beredaran telur briding atau telur HE.

Yang ketiga pertahanan kemandirian peternak rakyat ini

Ditempat yang sama Kapolsek Magetan Kota AKP Iin Pelangi mengatakan, hari ini Senin (27/9/2021) mulai Pukul 08.00 WIB hingga selesai, Polsek Magetan bersama Anggota Polres Magetan dan Anggota Kodim 0804 mengamankan proses pelaksanaan aspirasi dari para peternak Kabupaten Magetan, terkait adanya selisih harga yang begitu jauh antara pakan dengan telur yang beredar.

“Alhamdulillah sudah berjalan tertib dan lancar dan itu merupakan tugas pihak keamanan untuk menjaga dan menertibkan sekali lagi pihaknya mengucapkan terimakasih kepada seluruh para peternak melakukan aksi dengan tertib berjalan dengan amam,”pungkas Iin.

Pos terkait