Pemkab Blitar Gelar Pisowanan Agung di Hari Jadi ke 699

Hari Jadi Blitar ke-699, Pemkab Gelar Pisowanan Agung

 

Belitar, Blitar – Puncak Hari Jadi Blitar ke-699, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar menggelar pagelaran Pisowanan Agung pada hari Sabtu (5/8/2023).

Pisowanan yang kental dengan budaya jawanya ini merupakan gambaran pertemuan agung antara pimpinan dan yang dipimpin, dalam hal ini adalah pertemuan antara Bupati Blitar Rini Syarifah dengan para jajarannya sampai tingkat bawah.

Prosesi ini diawali dengan datangnya Bupati Rini Syarifah beserta suami dan Ketua DPRD Suwito Saren Satoto didampingi istri ke singgasana yang ada di Pendopo Ronggo Hadi Negoro (RHN)

Selanjutnya arak-arakan Pasukan Bregada yang dimulai dari Alon-alon Kota Blitar dengan membawa pusaka kitab sejarah dan panji, disusul para camat besert staf, Kepala kelurahan/desa dan perangkat se- Kabupaten Blitar menuju tempat Pasowanan.

Sesampainya di Pendopo RHN, pusaka kitab sejarah dan panji diserahkan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Izul Marom kepada Bupati Blitar untuk disemayamkan di dalam pendopo RHN.

Pisowanan Agung ini juga dihadiri seluruh anggota DPRD Kabupaten Blitar, Forkompinda, tokoh masyarakat, beberapa organisasi keagamaan, dan tamu undangan seperti Wali Kota Blitar, Santoso, Mantan Bupati Blitar sebelumnya, Rijanto, dimana kesemuanya yang hadir berpakaian adat kas Jawa.

Kemudian dalam kesempatannya, Bupati Blitar yang akrab disapa Mak Rini mengucapkan Selamat Hari Jadi Blitar ke-699 tahun 2023. Diapun menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang telah mendukung terlaksananya seluruh rangkaian acara tersebut.

“Kepada seluruh elemen masyarakat yang telah memberikan doa terbaik untuk Kabupaten Blitar, semoga doa dan dukungan panjenengan semua mendapat ridho keberkahan dari Allah SWT,”

“Sehingga, menjadi pemacu semangat bagi kami guna mewujudkan Kabupaten Blitar yang mandiri dan sejahtera berlandaskan akhlak mulia Baldatun Thoyyibatun Warobbun Ghofur,” ujarnya.

Baca Juga  Meriahkan HUT RI Ke-77, Kapolsek Sukorejo Ikut Lomba Makan Krupuk

Bupati perempuan pertama di Blitar ini juga menyampaikan ungkapan terima kasih kepada seluruh undangan yang berkenan hadir di Pendopo Agung RHN.

“Ini bukti kecintaan kita terhadap Blitar. Ini juga menandai bahwa pada masa endemi Covid, kita siap berbenah di segala bidang dan mengukir prestasi,” sambungnya.

Mak Rini mengungkapkan, sesuai tema, “Dengan Semangat Hari Jadi Blitar ke-699 dan HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia Kita Kokoh dan Kuatkan Semangat Kebersamaan Untuk Mewujudkan Kabupaten Blitar Yang Maju, Mandiri dan Sejahtera”.

“Pemerintah daerah dituntut untuk terus memperbaiki diri dalam hal peningkatan kualitas tata kelola pemerintahan dan pelayanan masyarakat yang semakin baik,“ kata Mak Rini.

Terakhir ia berharap, bahwa peringatan Hari Jadi yang ke-699 ini masyarakat bisa mengenal sejarah Blitar dan kepimpinannya. Termasuk di antaranya sejarah awal terbentuknya Blitar pada tahun 1324.

Pos terkait