Peresmian Pojok Cantik dan Aplikasi Prospera, Inovasi Menuju Satu Data Indonesia

Inovasi Menuju Satu Data Indonesia

Beritatrends, Pringsewu – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Pringsewu menggelar acara Peresmian Pojok Cinta Statistik (Pojok Cantik) dan Aplikasi Profil Potensi Pekon/Kelurahan (Prospera) di Pekon Panutan, Kecamatan Pagelaran.(19/9/2024) .

Acara ini dipimpin oleh Kepala BPS Provinsi Lampung yang diwakili oleh Statistisi Ahli Madya, Hardiyanto, SST., SE.

Turut hadir dalam acara tersebut sejumlah pejabat penting, antara lain Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pringsewu, Kepala Badan Pusat Statistik Kabupaten Pringsewu, Sekretaris Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Kabupaten Pringsewu, Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pekon Kabupaten Pringsewu, Sekretaris Camat Pringsewu, Kepala Pekon Panutan, Kepala Pekon Fajar Agung, Aparat Pekon Lugusari, Aparat Pekon Wonodadi Utara, Tim Desa Cantik BPS Kabupaten Pringsewu, Para Agen Desa Cantik, dan segenap masyarakat Pekon Panutan.

Dalam sambutannya, Kepala BPS Kabupaten Pringsewu, Eko Purnomo, SST., M.M., menegaskan bahwa peresmian ini merupakan bagian dari tugas dan fungsi BPS dalam mengimplementasikan Peraturan Pemerintah Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia. “Program Desa Cinta Statistik (Desa Cantik) di Pekon Panutan ini adalah langkah nyata kami untuk meningkatkan literasi statistik di tingkat desa serta memastikan pemanfaatan data yang berkualitas di semua level pemerintahan,” ujar Eko Purnomo.

Pojok Cantik dan Aplikasi Prospera adalah buah dari pembinaan yang dilakukan Tim Desa Cantik BPS Kabupaten Pringsewu sepanjang tahun 2024. Pojok Cantik yang diintegrasikan dengan Taman Baca Masyarakat (TBM) di Pekon Panutan bertujuan untuk meningkatkan literasi statistik dan budaya membaca masyarakat. Di sini, tersedia berbagai infografis, publikasi statistik, serta buku-buku yang relevan dengan kebutuhan masyarakat desa.

Sementara itu, Aplikasi Prospera dirancang untuk mendukung terlaksananya Satu Data Indonesia dari tingkat desa. Aplikasi ini menyajikan data yang mencakup berbagai aspek kehidupan desa, seperti kependudukan, ketenagakerjaan, ekonomi, pendidikan, kesehatan, serta berbagai data pendukung lainnya. Dengan adanya aplikasi ini, diharapkan data desa yang valid dan terbaru dapat diakses dengan mudah oleh masyarakat maupun pemerintah setempat, sekaligus mendukung pengambilan kebijakan yang lebih tepat sasaran.

Baca Juga  Kadiv Propam Polri Berikan Pembinaan Pencegahan Prilaku Memyimpang atau Pelanggaran Anggota Polri

Pada kesempatan yang sama, BPS Kabupaten Pringsewu juga menyerahkan Infografis Statistik Pekon dan Publikasi Pekon Dalam Angka 2024 kepada aparat pekon dan para Agen Desa Cantik dari empat pekon binaan: Panutan (Pagelaran), Lugusari (Pagelaran), Fajar Agung (Pringsewu), dan Wonodadi Utara (Gading rejo). Para Agen Desa Cantik juga mempresentasikan hasil pembinaan yang telah mereka jalani, menampilkan bagaimana statistik desa dapat digunakan untuk perencanaan pembangunan yang lebih baik.

Seluruh rangkaian acara ini menjadi bagian dari perayaan Hari Statistik Nasional 2024, yang bertemakan “Statistik Berkualitas untuk Indonesia Emas”, menandai komitmen BPS untuk terus mendorong kualitas data yang andal bagi kemajuan bangsa.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *