RSUD dr.Sayidiman Magetan Buka Klinik Kesehatan Jiwa

Beritatrends, Magetan – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Sayidiman Kabupaten Magetan buka gedung layanan baru yaitu “Klinik Psikiatri atau Kesehatan Jiwa”. Klinik ini terletak di Gedung baru, timur rumah sakit, tepatnya depan kantor DPRD Magetan.

Peresmian klinik ini ditandai penandatanganan prasasti oleh Bupati Magetan Suprawoto, yang disaksikan oleh Direktur RSUD dr Sayidiman, Ketua DPRD, serta undangan lainya, Senin (18/9/2023).

Psikiatri adalah cabang khusus dari kesehatan yang melibatkan pemahaman, penilaian, diagnosis, perawatan serta pencegahan gangguan kejiwaan. Gangguan kejiwaan disisi lain merupakan penyakit dengan efek yang merusak kemampuan pengelolaan emosi, kognitif, sosial dan perilaku seseorang.

dr. Rachmad Santoso, Direktur RSUD dr Sayidiman Magetan mengatakan, pihaknya berupaya mengembangkan pelayanan baru klinik Psikiatri di RSUD dr Sayidiman.

“Klinik kesehatan jiwa ini akan didukung oleh dokter spesialis kesehatan jiwa serta perawat dan tenaga medis yang siap menangani bagi pasien masyarakat di Kabupaten Magetan dan sekitarnya,” terangnya.

Ia menjelaskan, berdasarkan data dari Dinas Kabupaten Magetan terdapat 1.296 Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ), serta 8 orang di pasung di Kabupaten Magetan, maka itu diputuskan membuat klinik dan gedung rawat inap ini.

“Gedung ini memiliki kapasitas 14 tempat tidur, dan didukung oleh tenaga medis dr. Indra Riyanto Wibowo sebagai spesialis kedokteran jiwa, dan dr. Wuri Cana Rosidah sebagai spesialis dokter jiwa, juga didukung 12 perawat yang saat ini sedang melakukan pelatihan,” imbuhnya dr. Rachmad.

Ditempat yang sama, Suprawoto Bupati Magetan berharap, pengembang pelayanan baru RSUD dr Sayidiman ini menjadi harapan baru bagi warga masyarakat, bagaimana cara membantu kesehatan masyarakat kedepannya.

“Masyarakat yang ke klinik ini tidak hanya yang sakit jiwa, namun juga untuk berkonsultasi tentang penyakit mental,” jelasnya.

Baca Juga  Serbuan Vaksinasi Polres Ponorogo Kepada Penyandang Disabilitas, Pelajar, Santri dan Masyarakat

Selain itu, Bupati suprawoto juga mengingatkan agar dokter-dokter di RSUD dr Sayidiman untuk berkomitmen menentukan Centre of Excellence (CoE) apa yang akan dikembangkan. Sehingga ke depan di Madiun raya ini ketika ada penanganan subspesialis tidak harus jauh-jauh.

“Hari ini kita semua menjadi saksi sejarah pembukaan pelayanan Poli klinik jiwa, mudah mudahan dengan semakin lengkapnya pelayanan di rumah sakit Sayidiman Magetan ini akan memberikan pelayanan yang lebih baik untuk masyarakat kedepan,” pungkasnya.

Sebagai informasi, Klinik Psikiatri atau kesehatan Jiwa ini tidak hanya melayani pasien umum saja, juga penjaminan bagi pasien BPJS dan Bantuan Sosial.

Jadwal pelayanan Klinik Psikiatri/Kesehatan Jiwa :

Senin – Kamis : Pukul. 08.00 – 13.00 WIB.

Jum’at : Pukul. 08.00 – 11.00 WIB.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *