ASIK HEALING Puskesmas Poncol Bawa Magetan Raih Penghargaan KOVABLIK

Beritatrends, Magetan – Kabupaten Magetan meraih penghargaan Top 30 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KOVABLIK) tahun 2022 melalui inovasi (ASIK HEALING PUSPO) Ajak Lansia Dukung Penyuluhan Edukasi dan Advokasi Eliminasi Stunting Puskesmas Poncol.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas didampingi Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, kepada Wakil Bupati Magetan Hj Nanik Endang Rusminiarti, pada acara Pembukaan Festival Inovasi Desa dan Penyerahan Top Inovasi Terpuji Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KOVABLIK) Jawa Timur tahun 2022, Rabu (07/12/2022) di Alun-alun Kireksogati Caruban, Kecamatan Mejayan, Madiun.

Hadir dalam acara tersebut Menteri PAN RB, Deputi Pelayanan Publik Kemenpan-RB, Gubernur Jawa Timur, Bupati/Walikota se-Jawa Timur, OPD terkait, dan undangan lainnya.

Festival Inovasi Desa Provinsi Jawa Timur 2022 ini digelar untuk mempromosikan inovasi pada pemerintah desa di Jawa Timur kepada masyarakat luas, percepatan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Terhadap setiap Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah diharuskan menciptakan minimal 1 inovasi utama setiap tahun yang dikenal dengan gerakan One Agency, One Innovation.

Selain Magetan, Penghargaan KOVABLIK juga diberikan pada 32 bupati, walikota dan kepala OPD, dengan kategori 30 umum, satu replikasi dan satu khusus.

Gubernur Khofifah dalam sambutannya mengatakan, Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik merupakan salah satu upaya mencari best practice dari berbagai kabupaten/kota. Kemudian, referensi dari berbagai inovasi kabupaten/kota akan terus dilakukan pendalaman secara detail agar direplikasi di tempat-tempat lain.

Sementara itu, Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas menyampaikan, festival ini mendorong replikasi inovasi desa sehingga terjadi pemerataan dan pengembangan inovasi pada Pemerintah Desa se-Jawa Timur.

“Ibu Gubernur menyiapkan untuk bisa direplikasi di desa-desa lain, dan sudah teruji, sehingga mereplikasi jauh lebih mudah. Presiden juga memberikan perhatian yang serius jika desanya tertangani dengan baik pasti desanya akan segera maju,” terangnya.

Pos terkait