Seleksi Tim Voli POP Prov. Jatim Tingkat Nasional di GOR Stikosa – AWS

Seleksi Tim Voli POP Prov. Jatim Tingkat Nasional 

Beritatrends, Surabaya – Seleksi POP (Pekan Olahraga Pelajar) Provinsi Jawa Timur Cabang Olahraga Bola Voli, dilangsungkan di GOR Stikosa-AWS pada Selasa (27/6/2023) hingga beberapa minggu kedepan.

Seleksi tersebut diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Prov. Jatim, untuk mewakili tim atlet voli Jatim di kejuaraan POP Prov. Nasional, yang rencananya digelar pada 26 Agustus 2023 di kota Palembang Sumatera Selatan.

Wintaka Subiyantosa, salah satu penyeleksi dari panitia seleksi POP Prov. Dinas Pendidikan Jatim mengatakan, seleksi tersebut merupakan tahap 2 peserta atlet voli puteri, yang rata – rata pelajar SMA dan sederajat, dengan jumlah peserta sebanyak 22 atlet.

“Dari para pesertanya dari usia kelahiran tahun 2005 hingga 2008, mereka semua ini yang lolos seleksi tahap pertama beberapa hari kemarin,” ujar Wintaka.

Sedangkan asal sekolah masing – masing peserta seleksi tim pelajar puteri tersebut, datang dari kota Surabaya, daerah kabupaten Sidoarjo, Kediri, Jember, Blitar, dan Tulungagung.

“Nantinya di seleksi di tahap 3 yang terakhir, yang lolos seleksi sebanyak 12 atlet mewakili 1 tim voli pelajar POP Prov. Jatim,” pungkasnya.

Dalam seleksi yang diingini panitia diantaranya tentang kualitas skill individu, mental dan kesolidan tim termasuk formasi yg diajarkan oleh para pelatih atlet, untuk menggapai juara di POP Prov Nasional.

“Para peserta yang lolos seleksi ini, dari kualitas skil individu, hingga kesoidan tim menunjukkan semakin bagus dan matang. Atlet yang kami bina ini bermental juara dan nantinya optimis menang,” pungkas Wintaka.

Yang cukup menarik, dalam seleksi ini ada 3 pelajar SMP yang baru saja lulus kelas 9, yang lolos seleksi tahap 2 POP Prov. Jatim.

Baca Juga  Wabup Mojokerto Gus Barra Berangkatkan Jalan Sehat Dalam Rangka HUT PEBABRI

Salwa Syakuri Barru Ana, (15 tahun), satu dari 3 pelajar seleksi POP Prov. Jatim, yang lulusan SMP.

Dara cantik yang akrab dipanggil Salwa ini, asal lulusan SMPN 1 Tulangan, Sidoarjo.

Puteri pasangan Supriyadi dan Munasri yang tinggal di dusun Pang Kemiri, Desa Patoman, Kec. Tulangan, Sidoarjo ini merasa bangga dapat lolos seleksi tersebut.

“Ya saya sangat bersyukur dan bangga bisa sampai lolos seleksi dan latihan di GOR Voli di kampus ini. Saya terus bekerja keras agar nantinya saya berharap bisa masuk tim POP Prov Jatim dan bertanding di tingkat nasional nanti,” ujar Salwa.

Ia mengaku menggandrungi olahraga voli tersebut, sejak kelas 4 sekolah dasar. Setelah itu kemudian ia diikutkan klub voli Jayandaru Sidoarjo, yang latihannya di lapangan voli Desa Suko, Sidoarjo.

Di GOR Stikosa – AWS merupakan langganan sebagai tempat seleksi olahraga voli Dinas Pendidikan dari tingkat kota Surabaya, tingkat provinsi, hingga nasional.

Beberapa hari kemarin, GOR Stikosa – AWS dijadikan sebagai pusat latihan timnas voli dari 11 negara dalam AVC (Asian Voleyball Convederation) Challange Cup for Woman 2023, yang kejuaraannya berlangsung di GOR Tri Dharma Gresik, Jawa Timur berahir pada 25 Juni kemarin.

Sedangkan untuk seleksi tim pelajar putera POP Prov. Jatim, sudah berlangsung terlebih dulu beberapa minggu lalu, tersaring sebanyak 16 atlet dan sebentar lagi dilakukan seleksi tahap 3 atau tahap akhir sebanyak 12 atlet pelajar.

Pos terkait