Semarak Pagelaran P5 di SDN Plangkrongan 4, Tampilkan Budaya Kesenian Tradisional

SDN Plangkrongan 4, Tampilkan Budaya Kesenian Tradisional

Beritatrends, Magetan – Puncak Pagelaran Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SDN Plangkrongan 4, Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan, berlangsung meriah.

Pagelaran tersebut merupakan kegiatan siswa-siswi pada akhir semester genap tahun pelajaran 2022/2023, yang dikemas dalam acara Pameran Kesenian Budaya dan Bazar Murah, di halaman SDN Plangkrongan 4, Sabtu (17/06/2023).

Kepala Sekolah SDN Plangkrongan 4, Margono, Mpd. mengatakan, pagelaran P5 yang melibatkan seluruh siswa kelas 1-6 ini merupakan bentuk implementasi dari kurikulum merdeka.

“Harapannya peserta didik bisa menerapkan profil pelajar Pancasila dan mampu berkembang sesuai dengan pembelajaran kurikulum merdeka,” ujarnya.

Secara berurutan, para siswa menampilkan budaya kesenian tradisional, mulai dari Tari Padang Bulan, Fashion Show Pakaian Adat, Tari Manuk Dadali, Pantomim, Tari Kreasi, Tari Wonderland, hingga Tari Ganongan.

Dengan mengenakan kostum sesuai budaya nusantara yang ingin diangkat, para siswa tampil dengan penuh energik dan percaya diri di hadapan para guru dan wali murid.

Masih di tempat yang sama, bazar murah juga tampak berjajar disana, mulai dari bazar aneka makanan, minuman, hingga hasil bumi.

“Pagelaran seni dan pameran bazar ini murni kreasi peserta didik kelas 1-6, untuk mengenalkan budaya kesenian tradisional dan berbagai hasil bumi beserta olahannya,” kata kepala sekolah.

Sekedar diketahui, acara pagelaran P5 juga diramaikan dengan Reog Seni Wahyu Sentosa Melikan Plangkrongan.

Dalam kesempatan tersebut, Suwito selaku Pembina menyerahkan sejumlah alat kesenian reog beserta gamelan secara simbolis kepada Kepala Sekolah SDN Plangkrongan 4.

“Semoga anak-anak dapat belajar kesenian dan menjadi penerus kebudayaan seni reog,” harap Suwito.

Baca Juga  75 Personil Polres Magetan Terima Kenaikan Pangkat Setingkat Lebih Tinggi

Pos terkait