Sempat Ditunda, Rekapitulasi Suara Pemilu Tingkat Kabupaten di Magetan Digelar Hari Ini

Beritatrends, Magetan – Rekapitulasi penghitungan perolehan suara Pemilu 2024 tingkat kabupaten di Magetan Jawa Timur mulai digelar hari ini, Selasa (27/02/2024).

Sebelumnya diberitakan, rekapitulasi sempat ditunda sehari dari jadwal yang seharusnya diselenggarakan Senin (26/02/2024) kemarin, lantaran persiapan yang belum tuntas.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Magetan, Fahrudin memastikan telah menyiapkan data yang dibutuhkan pada rekapitulasi suara, baik untuk pemilihan calon presiden (capres) maupun calon legislatif (caleg).

“Semuanya baik-baik saja tidak ada kendala di lapangan. Kami telah menyiapkan datanya untuk semua 18 kecamatan,” ungkapnya.

Berdasarkan pantauan, penghitungan dilakukan dengan pembacaan rekapitulasi oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), dengan disaksikan oleh para saksi dari partai politik (parpol) peserta Pemilu.

Fahrudin menjelaskan, dalam sehari pihaknya mentargetkan dapat menyelesaikan rekapitulasi 9 kecamatan.

Hari ini diantaranya Kecamatan Sidorejo, Kartoharjo, Maospati, Karangrejo, Ngariboyo, Barat, Bendo, Plaosan, serta Nguntoronadi.

“Tunggu saja sampai besok target kami sudah selesai. Tapi misalnya ada kendala khusus akan dilanjutkan karena range terakhir rekapitulasi ketika ada di kabupaten yaitu sampai dengan 05 Maret,” tegasnya.

Setelah KPU menyelesaikan rekapitulasi tingkat kabupaten, nantinya untuk sementara waktu surat suara akan disimpan kembali di gudang KPU, untuk selanjutnya dikirim ke tingkat provinsi mulai tanggal 05-08 Maret mendatang.

Baca Juga  Bawaslu-Satpol PP Magetan Copot APK Langgar Aturan

Pos terkait