Sempat Tertunda Karena Pandemi, Dinkes Magetan Kembali Lakukan Pembinaan Akreditasi Puskesmas

Beritatrends, Magetan – Dinas Kesehatan Kabupaten Magetan melakukan pembinaan Akreditasi di Puskesmas yang ada di Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Kamis (14/04/2022)

Akreditasi Puskesmas sempat tertunda kurang lebih 2 tahun lamanya karena pandemi covid-19.

Kali ini ditahun 2022 pembinaan akreditasi puskesmas kembali diaktifkan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Magetan. Seperti halnya yang dilakukan di Puskesmas Bendo, Kecamatan Bendo, Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

Tim Pembina Cluster Binaan (TPCB) Dinas Kesehatan Magetan melakukan pembinaan Puskesmas yang ada di Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

Rochmad Santosa selaku Tim Lavender TPCB Dinas Kesehatan Magetan menuturkan bahwa kali ini melakukan pembinaan 5 puskesmas yang ada di Magetan, salah satunya di Puskesmas Bendo, Kecamatan bendo, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Kamis (14/04/2022)

“Harapan dari Kemenkes itu minimal terakreditasi utama, yaitu untuk bisa kepengurusan BPJS, namun memang Puskesmas Bendo itu dulunya sudah paripurna, dan di Puskesmas Bendo ini nanti semoga bisa berjalan dengan lancar karena dulunya sudah paripurna,” jelas Rochmad Santosa.

Ia menambahkan, dengan terakreditasi utama ini nanti mulu pelayanan dan keselamatan pasien itu bisa lebih maksimal dan terjamin, serta dengan akreditasi ini nanti bisa menilai sampai mana mutu pelayanan yang diberikan kepada pasien.

“Memang kebanyakan puskesmas yang ada di Kabupaten Magetan itu sudah Akreditasi Utama, dan sudah paripurna seperti di Puskesmas Bendo ini. Walaupun dengan adanya pandemi mutu pelayanan dan keselamatan pasien itu tetap terjaga penuh,” tutur Rochmad.

Dikesempatan yang sama, Kepala Puskesmas Bendo Magetan dr. Rindra Wahyu K.H menambahkan sangat mendukung penuh dengan dilaksanakannya kegiatan kali ini, tentunya sangat banyak manfaat dan tentunya banyak sekali yang perlu disiapkan untuk proses akreditasi ini.

Ia menambahkan, dengan adanya pendampingan yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten, Puskesmas Bendo sangat terbantu sekali dan semoga kegiatan ini bisa berjalan dengan lancar.

“Kedepan nanti akan dilakukan perbaikan – perbaikan sesuai dengan apa yang disarankan oleh Dinkes Magetan akan kita perbaiki, sehingga nanti waktu akreditasi semua bisa lebih baik dan untuk dokumen – dokumen yang kurang nanti akan kita lengkapi.” tegas Kepala Puskesmas Bendo.

Pos terkait