Solusi Pencegahan Virus PMK, Kapolsek Pangarengan Gandeng Puskeswan

 

Kapolsek Pangarengan Ipda Sujiono SH (pakai helm) bersama petugas Puskeswan saat di kandang sapi milik warga Desa Gulbung

Beritatrends, Sampang – Virus penyakit mulut dan kaki (PMK) sudah merajalela di semua wilayah di Kabupaten Sampang membuat peternak sapi resah. Langkah Kapolsek Pangarengan melakukan pencegahan penyebaran PMK dengan penyemprotan desinfektan menggandeng Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan).

Ipda Sujiono SH, Kapolsek Pangarengan menjelaskan dalam kegiatan pada hari ini penyemprotan desinfektan ke kandang peternak sapi yang ada di Dusun Larangan Desa Gulbung Kecamatan Pangarengan, dengan tujuan pencegahan penyebaran virus PMK pada sapi milik warga.

“Dengan penyemprotan desinfektan ke kandang peternak sapi supaya dengan tujuan pencegahan penyebaran virus PMK,” jelasnya. Selasa (14/6/2022).

Petugas Puskeswan saat memeriksa sapi milik warga Desa Gulbung

Lebih lanjut Kapolsek Pangarengan menuturkan dengan menggandeng petugas dari Puskeswan dan memberikan penyuluhan cara pembuatan obat disinfektan secara swadaya.

” Cukup sederhana bahan pembuatan obat disinfektan secara swadaya yaitu dengan sabun dan pemutih di campur air, lalu di semprotkan ke sekitar kandang sapi ,” tuturnya.

Dengan solusi ini, di harapkan peternak sapi bisa di lakukan secara swadaya di masing – masing para peternak sapi yang ada di Kecamatan Pangarengan dan sekitarnya dalam pencegahan virus PMK, pungkas Sujiono.

Pantauan Beritatrends di lokasi dalam penyemprotan desinfektan ke kandang peternak sapi Kapolsek di dampingi oleh Plt Camat Pangarengan, petugas Puskeswan, Pj Kades Gulbung, Bhabinkamtibmas dan Babinsa Kecamatan Pangarengan.

 

Baca Juga  Kapolres Ponorogo Cek Jalur Penyekatan Dan Posko Penanggulangan PMK

Pos terkait