Tangis Haru Perpisahan 307 Siswa SMPN 4 Magetan Tahun 2023-2024

Beritatrends, Magetan – Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 4 Magetan menggelar Purnawiyata Adhitama Tahun Pelajaran 2023-2024, yang bertempat di GOR Ki Mageti Magetan, Jawa Timur, Sabtu (15/06/2024) pagi.

Dengan mengusung tema, “Prestasi Tiada Henti” sebanyak 307 siswa-siswi kelas IX tahun pelajaran 2023-2024 SMP Negeri 4 Magetan ini mengikuti beberapa rangkaian perpisahan.

Hadir dalam perpisahan kali ini, Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Magetan, Drs. Suwata., M.Si, Ketua Komite SMPN 4 Magetan, Kepala Sekolah SMPN 4 Magetan, Kepala Sekolah SMPN 1 Magetan, Kepala Sekolah SMPN 2 Magetan, Kepala Sekolah SMPN 3 Magetan, Siswa-Siswi SMPN 4 Magetan, dan para orang tua Murid Kelas IX SMPN 4 Magetan.

Suasana sedih, haru dan bangga tersirat dari raut wajah siswa-siswi, bahkan, dari orang tua atau wali murid kelas IX, disaat mengikuti acara Purnawiyata Adhitama, yang berlangsung di GOR Ki mageti Kabupaten Magetan.

Suasana haru tersebut terlihat saat para siswa-siswi meminta sungkem kepada orang tua atau wali muridnya, tak sedikit dari keduanya meneteskan air mata. Ini salah satu wujud kecintaan dari keduanya pula.

Kepala SMP Negeri 4 Magetan, Drs. Lantur M.Pd dalam sambutanya menuturkan, Rangkaian kegiatan tersebut sudah lama disiapkan, dan ini pertama kali dilakukan di GOR Ki Mageti Magetan, Sabtu (15/06/2024)

“Saya ucapkan selamat kepada siswa-siswi kelas IX yang telah lulus, masih panjang perjalanan kalian, kami sebagai orang tua selalu mendoakan yang terbaik untuk kalian, konsep kegiatan ini sudah lama kita rencanakan, ada hal terpenting dalam kegiatan ini yaitu sungkem kepada orang tua, ini sebagai bentuk bakti anak kepada orang tuanya masing-masing,” ucapnya.

Lebih lanjut, Sungkem kepada orang tua tersebut adalah hal yang sangat luar biasa, jadikan sungkem menjadi kebiasaan yang paling utama.

Baca Juga  Optimis Pertahankan Peringkat I Kota Bersih Se Provinsi Riau

“Ridho dan doa dari orang tua adalah ujung tombak kesuksesan untuk anaknya, sekali lagi pesan kepada anak-anak jadikan orang tua kalian sebagai raja, jaga nama baik orang tua dan keluarga, jadilah orang-orang yang sukses nantinya,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Magetan, Drs. Suwata., M.Si mengatakan, kegiatan perpisahan ini sebagai bentuk apresiasi kepada siswa-siswi kelas IX yang telah menempuh pendidikan selama 3 tahun di SMP Negeri 4 Magetan.

“Purnawiyata Adhitama Tahun Pelajaran 2023-2024 ini merupakan suatu apresiasi dari pihak SMPN 4 Magetan, dulu awalnya ada perjumpaan dan kali ini diadakan perpisahan, semua ini demi anak didik SMPN 4 Magetan, dan kami sebagai pemerintah tidak menganjurkan kegiatan semacam ini, akan tetapi ini sebagai wujud apresiasi kepada anak didik di SMPN 4 Magetan menjadi hal yang sangat luar biasa, sudah bisa melaksanakan kegiatan ini,” jelasnya.

Lebih lanjut, Suwata menegaskan kepada para siswa-siswi kelas 9 bahwa jalan mereka masih panjang, ada tingkatan didunia pendidikan yang harus ditempuh selanjutnya hingga proses kesuksesan dicapai.

“Selepas perpisahan ini tentunya masih ada jenjang pendidikan berlanjut, diawali dari tingkat SD, kemudian SMP, dan nanti menginjak SMA/SMK dan terakhir tingkat perkuliahan. Tentunya itu sangatlah masih panjang, bawa nama harum sekolah kalian, kalian harus siap bersaing dengan baik dengan alumni dari sekolah-sekolah lain, kalian semua harus bangga menjadi alumni dari SMPN 4 Magetan, dan bagi para orang tua, mari kita bersama-sama dampingi anak-anak kita ini menjadi Generasi Emas ditahun yang akan datang,” tutupnya.

Pos terkait