Unik! Musrenbang Kecamatan Poncol digelar di Perbatasan Ujung Kulon Jawa Timur

Camat : Musrenbang Kecamatan Poncol digelar di Perbatasan Ujung Kulon Jawa Timur

Beritatrends, Magetan – Musrenbang tingkat kecamatan dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Magetan tahun 2024 terus berlanjut. Kali ini, Kecamatan Poncol menggelar Musrenbang bertempat di Dukuh Gemplo, Dusun Candi, Desa Gonggang, Kecamatan Poncol, Magetan, Selasa (7/2/2023).

Camat Poncol, Dian Maheru, menyatakan bahwa pelaksanaan Musrenbang memang sengaja ditempatkan disana, yakni di wilayah perbatasan ujung kulon Provinsi Jawa Timur. Konsep outdoor-nya pun juga dikemas secara tradisional, dengan beralaskan tikar/lesehan dan penyajian minuman dawet dan kelapa muda, hasil bumi Dukuh Gemplo.

“Ditempatkan disini karena kita memang konsisten dengan tagline Poncol Eksotik. Jadi kita ingin menampilkan eksotiknya Poncol dan uniknya Dukuh Gemplo itu sendiri,” terang Camat Dian.

Dukuh Gemplo dikatakan unik karena merupakan dukuh terkecil di Magetan, dimana hanya terdapat 7 rumah yang dihuni sebanyak 30 jiwa dalam 10 KK.

“Tak hanya itu, kita juga ingin menunjukkan bahwa Dukuh Gemplo adalah sandhyakala-nya Jawa Timur, atau tempat terbenamnya senja di ujung barat Jawa Timur, dimana lokasinya berbatasan langsung dengan Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah,” tambah Camat.

Kemudian terkait dengan Musrenbang penyusunan RKPD tahun 2024, sebanyak 8 desa di Kecamatan Poncol telah memaparkan usulan programnya masing-masing, yakni terkait sarana dan prasarana ibadah, pembangunan rabat jalan pertanian, talud jalan, drainase, pipanisasi jalur induk irigasi sprinkler, penerangan jalan, dan pembangunan gedung TK, serta pengadaan bibit Kelapa Hibrida.

Baca Juga  Rapat Persiapan Hari Pahlawan Ke-78

Pos terkait