UT Pontianak Pertama Kalinya Menyelenggarakan OMSB dan PKBJJ di Wilayah Kabupaten Landak

Sekda Landak Buka Orientasi Mahasiswa Baru Universitas Terbuka

Beritatrends, Landak – Universitas Terbuka (UT) Pontianak untuk pertama kalinya menyelenggarakan Orientasi Mahasiswa Baru (OMSB) dan Pembelajaran Keterampilan Belajar Jarak Jauh (PKBJJ) di wilayah kabupaten Landak yang dihadiri sebanyak 210 mahasiswa baru yang tergabung dalam kelompok belajar (Pokjar Landak), di Aula Kantor Bupati Landak, Sabtu (9/9/2023).

Kegiatan OMSB dan PKBJJ dilaksanakan selama 2 hari (9 dan 10 September), dihadiri oleh Sekda Landak Vinsensius, S.Sos, MMA, Pokjar Landak L. Sahat Tinambunan, SE, MM serta Manajer pembelajaran dan ujian Dr. Einstivina Nuryandani, SSi dan Suprayogi, SE yang membidangi Registrasi dan Keuangan Kantor UT Pontianak sekaligus memberikan materi terkait perkuliahan di UT.

Sekda Landak selain memberikan kata sambutan juga memberikan materi terkait “Bela Negara”.

Dalam sambutannya Vinsensius menyampaikan bahwa giat ini penting dalam rangka mendukung program pemerintah meningkatkan IPM.

“Saya tertarik menghadiri orientasi mahasiswa baru universitas terbuka atau UT Pontianak karena UT ini penting dalam rangka meningkatkan IPM khususnya di wilayah kabupaten Landak,” jelas Vinsen.

Vinsensius mengingatkan agar seluruh mahasiswa mengikuti setiap tahapan dengan serius sehingga mendapat hasil yang baik.

“Karena jika olok-olok hasilnya akan olok-olok, jadi sarjana olok-olok, jadi supaya baik maka laksanakan pembelajaran ini mulai start titik 0, sampai nanti berhasil mahasiswa-mahasiswi menyandang gelar itu dengan baik, berarti benar sebagai mahasiswa-mahasiswi UT yang berkualitas, yang baik,” pesannya.

Usai memberi kata sambutan dan membuka giat OMSB, Sekda Landak berkenan menyematkan baju almamater ke 2 orang perwakilan mahasiswa, dilanjutkan dengan memberikan materi kuliah umum tentang ” Bela Negara”.

Pengurus Pokjar Landak L.Sahat Tinambunan,SE menjelaskan bahwa ke depannya masyarakat kabupaten Landak diharapkan semakin mengenal universitas terbuka dan semakin banyak warga bisa bergabung untuk menjadi mahasiswa untuk melanjutkan ke Perguruan Tinggi.

Baca Juga  Jadi Inspektur Upacara di SMA Negri 1 Mempawah Hulu, Kapoksek Ingatkan Jangan Pakai Kenalpot Resing

“Universitas Terbuka atau biasa disingkat UT adalah perguruan tinggi negeri yang bisa diakses oleh semua orang, karena UT memang salah satu perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan tinggi dengan model perkuliahan jauh tanpa harus adanya interaksi langsung dalam kelas. Dan ini semakin dipermudah dengan era digital saat ini yang serba online. Di samping itu UT juga menyediakan model pembelajaran tatap muka atau TTM jika mahasiswa meminta pada hari Sabtu atau Minggu,” jelas Sahat

Lebih lanjut Sahat selaku Pokjar menjelaskan bahwa yang terpenting di UT selain kemudahan dalam belajar, maka yang paling penting lainnya adalah di UT biaya sangat terjangkau dan waktu belajar fleksibel bagi mahasiswa yang sedang bekerja.

“Jadi sederhananya Universitas Terbuka menjadikan pendidikan tinggi yang bisa diikuti oleh semua orang yang mempunyai ijasah SMA sederajat atau paket C tanpa dibatasi oleh tahun kelulusan,” tambah Sahat.

Pos terkait