Vaksinasi Lansia di Magetan Kurang 1,3 Persen

  • Whatsapp

Vaksinasi Lansia.

Beritatrends, Magetan – Vaksinasi Lansia di Wilayah Kabupaten Magetan Magetan baru mencapai 38,7 persen, kurang 1,3 persen agar memenuhi kriteria Instruksi Mendagri untuk turun PPKM Level 2.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Magetan, Rohmat Hidayat mengatakan, saat ini presentase warga tervaksin telah mencapai 58 persen.

Namun capaian vaksin terhadap lansia baru mencapai 38,7 persen. Dibutuhkan sekitar 1,3 persen atau lebih 1.000 dari jumlah 103.000 lansia yang ada di Kabupaten Magetan agar segera turun PPKM level 2.

Saat ini Kabupaten Magetan Masih PPKM level 3, Pemerintah Kabupaten Magetan kebut pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi lansia dengan cara mendatangi langsung rumah mereka atau door to door.

“Kurang 1,3 persen (vaksinasi lansia). Kita akan kejar dengan cara mendatangi langsung rumah mereka,” ujar Rohmat ditemui di kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Magetan Selasa (27/10/2021).

Meski kegiatan vaksinasi telah digelar di kantor desa, Rohmat menuturkan, masih banyak lansia yang belum divaksin karena faktor usia hingga kesulitan menuju balai desa. Sebagian dari mereka, menurutnya, juga enggan divaksin karena merasa tidak membutuhkan vaksin Covid-19. “ Sebagian enggan divaksin karena mengaku tidak akan ke mana-mana,” imbuhnya.

Saat ini, Dinas Kesehatan melalui pemerintah desa telah mengumpulkan data terkait lansia yang belum menjalani vaksinasi. Rencananya, pemerintah daerah juga akan menurunkan relawan penanganan Covid-19 untuk terjun ke masyarakat. “Kita meminta kepada pemerintah desa untuk data lansia, juga akan dibantu relawan untuk vaksin door to door,” ucapnya.

Pos terkait