Warga Binaan Rutan Magetan Jalani Skrining ACF dan Intervensi Chest X-Ray

Demi Cegah Penyebaran TBC, Seluruh Warga Binaan Rutan Magetan Jalani Skrining ACF dan Intervensi Chest X-Ray

Beritatrends, Magetan – Dalam rangka tindak lanjut dari surat edaran Dirwatkeshab Ditjenpas Kemenkumham RI No. PAS.06-PK.06.07-710 tentang Skrining TBC dengan intervensi Rontgen Dada. Hari ini (9/11/2023) Rutan Magetan Kanwil Kemenkumham Jatim menggelar kegiatan Active Case Finding (ACF) TBC melalui Skrining Gejala dan Intervensi Chest X-Ray kepada seluruh warga binaan.

Kegiatan Skrining ACF TBC ini merupakan program yang dilaksanakan oleh 206.330 tahanan/narapidana/anak di seluruh Lapas/Rutan pada 33 Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) di Indonesia yang berada dibawah naungan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjenpas). Selain itu, adanya program ini bertujuan untuk mengoptimalkan angka penemuan kasus TBC secara aktif dan pasif pada kelompok komunal yang beresiko tinggi / rentan terhadap penularan/ penyebaran di dalam Komunitas khususnya Lapas dan Rutan.

Kegiatan yang dihadiri langsung oleh Kabid Perawatan Kesehatan dan Rehabilitasi Kemenkumham Jatim, Rimbun Sianturi beserta Jajaran tersebut di awali dengan Registrasi Pendaftaran Kemudian dilanjutkan dengan skrining Chest X-Ray (Mobiel Rontgen) oleh Tim Vendor X-Ray Tirta Medical Center. Selanjutnya apabila ditemukan ada WBP yang hasil Rontgennya mengindikasikan adanya infeksi TBC maka akan dilakukan pemeriksaan dahak dengan Tes Cepat Molekuler (TCM) oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Magetan yang dibantu Puskesmas Kecamatan Ngariboyo. Sample Dahak nantinya akan diperiksa lebih lanjut di Laboratorium Kesehatan Daerah Kabupaten Magetan.

Sebelum melaksanakan kegiatan Intervensi Chest X-Ray pada hari ini, kemarin (6/11/2023) telah dilaksanakan terlebih dahulu Skrining gejala oleh Tim petugas Kesehatan Rutan Magetan. Total sebanyak 237 warga binaan pemasyarakatan yang mengikuti Skrining Gejala dan Intervensi Chest X-Ray.

Baca Juga  HUT  Lalu Lintas Bhayangkara ke 66 Polda Jatim Tinjau Vaksinasi, Pengukuhan Orang Tua Asuh dan Anak Asuh Korban Covid-19

Eries Sugianto, Kepala Rutan Magetan sangat mensupport dan mengapresiasi kegiatan Skrining Gejala dan Intervensi Chest X-Ray. “Kami dari Rutan Magetan sangat mensupport kegiatan ini yang dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Pemasyarakatan. Karena kegiatan Skrining Gejala dan Intervensi Chest X-Ray dapat membantu kita dalam mendeteksi warga binaan yang kemungkinan mempunyai gejala atau penyakit TBC yang nantinya dapat ditangani lebih awal, sehingga kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang sangat baik untuk peningkatan kesehatan khususnya di lapas maupun rutan,” Jelas Karutan.

 

 

Pos terkait