Warga Desa Jenangan Gelar Tradisi Methil Pari

Kades Jenangan Toni melakukan tradisi ritual methil pari di areal persawahan

Beritatrends, Ponorogo – Masyarakat Desa Jenangan Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo melakukan ritual tradisi methil pari atau memethik padi di areal persawahan desa setempat.

Prosesi methil pari (memetik padi) tersebut dilakukan oleh sesepuh dan kepala desa setempat di lahan areal persawahan yang siap untuk dipanen.

Kemudian dilanjutkan dengan menaruh sesaji diempat penjuru desa yang dilakukan oleh kepala dusun. Usai melakukan ritual methil warga pun melakukan doa bersama dan menyantap tumpeng atau makanan beramai-ramai di sawah.

Kepala Desa Jenangan Toni Ahmadi menyampaikan, ritual methil yang dilakukan merupakan wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas hasil panen yang diperoleh.

“Pada ritual methil pari ini kita bermunajat memanjatkan doa bersama warga agar terhindar dari bala bencana, maupun musibah, dan diberikan keberkahan atas hasil panen serta diberikan kelancaran pada musim tanam mendatang. Selain itu, juga sebagai upaya nguri-nguri melestarikan tradisi budaya kearifan lokal yang sudah ada turun temurun, “pungkasnya.

Pos terkait