Wujudkan Pengembangan Bakat, Dinas Perpus & Kearsipan Kab. Karo Adakan Lomba Menulis “Literasi Kopi”

Peserta lomba menulis kreatif literasi kopi yang dimulai sejak tanggal 1 sampai dengan 17 November 2022.

Beritatrends, Tanah Karo – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan sukses menggelar, lomba menulis kreatif literasi kopi yang dimulai sejak tanggal 1 sampai dengan 17 November 2022.

Kegiatan tersebut diadakan untuk kategori tingkat umum dan pelajar yang berbentuk tulisan bebas bertema literasi kopi. Senin (28/11/2022).

Kadis Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Karo Dra Rehjorena br Purba, saat dikonfirmasi membenarkan sudah melaksanakan kegiatan lomba menulis literasi kopi, memberikan wadah pengembangan bakat dan minat para penulis dibidang kopi.

“Program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial, kegiatan ini merupakan metode yang digunakan untuk membangun narasi lokal, untuk menggugah bakat dan minat para penulis di bidang literasi kopi,”ujar Rehjorena.

Adapun dijelaskannya lagi, jika kopi ibarat suplemen maka ia bisa menjadi kawan ketika membaca buku demikian juga dengan dunia kopi kita sepakat bahwa kopi karo punya peluang menjadi ikon peluang inilah yang perlu diraih dan direalisasikan menjadi kenyataan dengan cara memperkaya literasi pelaku usaha kopi keinginan memadu euforia dunia kopi dan semangat membangun literasi untuk kesejahteraan bersama menjadi dasar yang melatarbelakangi penyelenggaraan kegiatan literasi kopi.

“Dan kita wujudkan wadah pengembangan bakat minat dan potensi para penulis yang tinggal atau memiliki KTP di Kabupaten Karo, lomba menulis kreatif literasi kopi yang sudah dilaksanakan pada tanggal 1 sampai dengan 17 November 2022. Terbuka bagi umum dan pelajar, bentuk tulisan bebas asal bertema literasi kopi naskah naskah yang masuk kepada panitia sebanyak 169 naskah untuk kemudian dinilai secara objektif karena melalui mekanisme penilaian buta di mana dewan juri hanya mengetahui judul tidak mengetahui nama peserta,”ujar Rehjorena.

Baca Juga  Mbulan Ndhadhari Episode 9 diisi Bedah Buku ‘Antuk Amanah Bupati Magetan’

Sementara itu dikatakannya lagi, “dewan juri adalah praktisi literasi yang aktif menulis terdiri dari dosen peneliti yaitu Theophilus Suranta Tarigan SSTP, Dr Indra Refail Sembiring, SE, MM phd dan Herison Surbakti MM,MT, pemenang terbaik akan diumumkan pada sesi bincang-bincang literasi kopi, pada 24 November 2002.

“Dengan adanya kegiatan ini, agar mampu memadukan dunia kopi dan literasi sehingga membawa kesejahteraan baik bagi pelaku usaha kopi maupun penggiat literasi pada khususnya dan masyarakat karo pada umumnya sehingga dapat melahirkan inspirasi-inspirasi yang mumpuni dalam membawa pemikiran kebangsaan dan nasionalisme,”.ujarnya mengakhiri.

 

Pos terkait