13 CASN Rutan Magetan Ikuti Pelatihan Fisik, Mental Serta Pembaretan di Mako Secata

13 CASN Rutan Magetan Kelas IIB Magetan Kanwil Kemenkumham Jatim menjalani pelatihan Fisik, Mental serta Pembaretan pada Sabtu (11/3/2023) kemarin

Beritatrends, Magetan – Sebanyak 13 Calon Aparatur Sipil Negara tahun 2022 di lingkungan Rutan Kelas IIB Magetan Kanwil Kemenkumham Jatim menjalani pelatihan Fisik, Mental serta Pembaretan pada Sabtu (11/3/2023) kemarin.

Bekerja sama dengan TNI AD, Pelatihan yang dilaksanakan di Secata Rindam V Brawijaya berlangsung selama 2 hari. Terdapat berbagai materi yang disampaikan yaitu meliputi Latihan Fisik, PBB, Kesehatan Lapangan, Halang Rintang, Tali Temali, Bela Diri Militer, hingga Pengambilan Baret.

Karutan Magetan Eries Sugianto menjelaskan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan fisik, mental, kedisiplinan dan keloyalitasan pegawai untuk meningkatkan kinerja, kerjasama dan kesiapsiagaan dalam menghadapi dinamika permasalahan yang dapat menjadi gangguan keamanan dan ketertiban dilingkungan pemasyarakatan.

Sementara Letkol Inf Juhok Sukmawan selaku Komandan Secata Rindam V Brawijaya menyampaikan bahwa 13 CASN Rutan Magetan harus bersiap mengikuti rangkaian kegiatan yang sangat padat. “Kalian hanya di berikan 1 hari sampai besok akan ada dinamika yang cukup tinggi. Jadi saya harap kalian semua siap dan mampu menyelesaikan kegiatan di sini,” pungkas Komandan Secata saat apel serah terima siswa.

Pelatihan fisik dan mental kali ini juga dirangkaikan dengan tradisi pembaretan. Masing-masing CASN diharuskan jelajah malam mencari baret yang telah ditentukan tempatnya. Terdapat pula pos-pos yang harus dilewati saat perjalanan mencari baret. CASN diasah pengetahuannya oleh Pelatih mengenai organisasi dan peraturan-peraturan yang harus mereka laksanakan dalam melaksanakan tugas sehari-hari pada pos-pos tersebut.

Dalam Upacara Pembaretan yang dihadiri oleh Pegawai Rutan, Karutan Magetan Eries Sugianto berpesan kepada seluruh CASN untuk siap menghadapi dunia kerja.

Baca Juga  Kapolsek Percut Sei Tuan Kompol M Agustiawan ST,SIK Menjadi Narasumber Dalam Dialog Publik

“Perlu dipahami bahwa kegiatan ini bukanlah hanya kegiatan fisik tetapi memberi makna yang harus kalian pahami. Tujuan dari pembaretan ini adalah untuk mempersiapkan mental kalian semua dalam menghadapi dunia kerja,” Jelas Karutan.

Pos terkait