Andum Berkah Desa Wates, 12.000 Klepon Ludes Diperebutkan Warga

Beritatrends, Magetan – Sejumlah warga Desa Wates Kecamatan Panekan Kabupaten Magetan antusias berebut klepon dalam acara Andum Berkah Klepon Ing Bumi Wates, Minggu (17/12/2023).

Pemerintah Desa setempat menyediakan sebanyak 12.000 klepon yang disusun menjadi beberapa gunungan. Kemudian, diarak dari Punden Eyang Budha menuju ke balai desa.

Kepala Desa Wates Sutrisno mengatakan, acara ini merupakan event tahunan untuk kirim doa setiap masuk masa tanam padi.

“Awalnya kleponan dilaksanakan di dukuh masing-masing, selanjutnya kita kemas jadi event yang besar khususnya untuk meningkatkan perputaran ekonomi,” jelasnya.

Apabila dilihat dari namanya, klepon merupakan makanan tradisional yang umumnya terbuat dari tepung ketan putih berisi gula merah dan ditaburi kelapa. Sementara dalam acara andum berkah ini, klepon memiliki filosofi agar manusia terus ikhtiar hingga memperoleh hasil yang manis, seperti rasa klepon itu sendiri.

“Kleponan juga untuk meningkatkan kearifan lokal agar anak cucu kita jangan sampai meninggalkan sejarah,” ujar Kades Wates.

Acara nguri-nguri budaya ini pun turut diapresiasi oleh Pemkab setempat. Pj. Bupati Magetan Hergunadi berharap agar event semacam ini rutin digelar demi menarik wisatawan.

“Kalau acara ini sudah rutin otomatis ada brandingnya sehingga akan diingat orang dan menarik orang untuk datang ke Desa Wates,” ungkapnya.

Pos terkait