Apel Hari Santri Nasional 2023 Diikuti Ratusan Santri Magetan

Ratusan Santri di Magetan Ikuti Apel Hari Santri Nasional 2023

Beritatrends, Magetan – Ratusan santriwan-santriwati, kiai, dan alim ulama di Kabupaten Magetan berkumpul di Alun-Alun Magetan, Minggu (22/10/2023) pagi. Mereka mengikuti apel dalam rangka peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2023.

Mengusung tema “Jihad Santri Jayakan Negeri”, tema ini memberi pesan bahwa peringatan Hari Santri tahun ini adalah untuk merayakan semangat dan dedikasi para santri sebagai pahlawan pendidikan dan pejuang kebodohan.

Pj Bupati Magetan Hergunadi sekaligus sebagai pembina apel menjelaskan, di zaman yang penuh tantangan dan kompleksitas, jihad tidak lagi merujuk pada pertempuran fisik, melainkan pada perjuangan intelektual yang penuh semangat.

“Santri sebagai penjaga terdepan dalam pertempuran melawan ketidakpahaman, kebodohan, dan ketertinggalan. Santri merupakan pejuang ilmu pengetahuan yang tidak kenal lelah mengejar pengetahuan dan kebijaksanaan sebagai senjata utama mereka,” jelasnya.

Pj Bupati mengapresiasi kiprah para santri atas kontribusinya dalam memajukan negeri ini.

Hergunadi menyebut, para santri merupakan teladan dalam menjalani jihad. Menurutnya, dalam tradisi Islam jihad intelektual adalah cara untuk membela nilai-nilai keadilan, perdamaian, dan pengetahuan.

“Dengan buku sebagai senjata dan pena sebagai tongkat kebijaksanaan, para santri memperdalam ilmu dan menyebarkan cahaya pengetahuan,” ungkapnya.

Melalui momen apel Hari Santri Nasional ini, pihaknya juga mengajak untuk bersama-sama mendoakan para pahlawan yang telah mendahului, terutama dari kalangan kiai, ulama, ataupun santri yang telah ikut berjuang demi kemaslahatan bangsa dan agama.

“Semoga arwah para pahlawan bangsa ditempatkan yang terbaik di sisi Allah SWT, dan semoga kita dapat meneruskan cita-cita luhur dari pahlawan terdahulu untuk kemaslahatan bangsa dan agama,” tutur Hergunadi.

Baca Juga  Istri Sekda Resmi Menjabat Kepala Bakesbangpol Ponorogo

Pos terkait