Batik Motif Reog Raih Juara Dua Se-Jatim

Beritatrends, Ponorogo – Batik motif reog mampu menunjukkan kelasnya dengan meraih juara dua dalam Lomba Fashion Show Busana Batik dan Tenun se-Jawa Timur.

Prestasi ini spesial karena Bupati Sugiri Sancoko dan Susilowati Sugiri Sancoko secara langsung memeragakan busana berbahan batik khas Ponorogo itu.

Lomba Fashion Show Busana Batik dan Tenun se-Jawa Timur tersebut merupakan bagian dari Pameran Batik Bordir dan Aksesoris Fair 2023 yang digelar di Exhibition Hall Grand City Surabaya, Rabu (8/3/2023).

Kegiatan Pemrakarsa adalah Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur bekerja sama dengan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Jawa Timur.

Menurut Susilowati, motif batik reog mampu bersaing dengan produk kerajinan sejenis dari 37 daerah lain di Jawa Timur. Ketua Dekranasda Ponorogo itu juga mencakup usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) ikut pameran.

”UMKM harus berkembang dengan sesering mungkin mengikuti pameran di luar daerah,” katanya.

Susilowati bersama Bupati Sugiri Sancoko, suaminya, rela tampil di atas catwalk memeragakan busana berbahan batik motif reog. Kang Bupati sapaan Bupati Sugiri Sancoko mengenakan busana Ponoragan dengan aksesoris batik khas. Penampilan keduanya menarik perhatian dewan juri hingga meraih juara dua.

Sementara itu, Kang Bupati menyatakan komitmen Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ponorogo dalam mendukung perkembangan UMKM maupun industri kreatif. Dengan mengikuti pameran skala provinsi dapat mengenalkan secara luas produk UMKM di Ponorogo.

”Tidak hanya batik tapi juga kerajinan lainnya,” jelas Kang Bupati.

Baca Juga  Tarik Minat Wisatawan, Objek Wisata Telaga Wahyu Kini Punya Rusa Totol

Pos terkait