Bersih Desa Maguwan Gelar Acara Reog Ponorogo

Bersih Desa Maguwan 

Beritatrends, Ponorogo – Bersih desa atau biasa disebut sedekah bumi merupakan ungkapan rasa syukur kepada Tuhan YME atas nikmat yang telah diterima. Dengan sedekah bumi atau bersih desa, diharapkan desa tersebut terbebas dari segala balak atau musibah sehingga desa menjadi damai, tentram guyub rukun, aman, sejahtera dan lancar dalam menjalankan pemerintahan serta pembangunan. Pemerintah Desa Maguwan Kecamatan Sambit, Kabupaten Ponorogo, melestarikan tradisi Reog Ponorogo yang selalu diadakan setiap tahun yang jatuh pada hari Jum’at (03/06/2022).

Bersih Desa Maguwan diselenggarakan dengan rangkaian acara, diawali hari Rabu (01/06/2022) Ziarah makam sesepuh Desa Maguwan, di malam harinya sholawat berzanji, Pada hari kamis (02/06/2022) diadakan istighot&sholawat terbangan, Pada hari Jum’at (03/06/2022) paginya diadakan Do’a bersama & sedekah bumi, di siang harinya diadakan kesenian Reog dan Gajah-Gajahan, di malam harinya diadakan kesenian wayang kulit serta pameran keris/ tosan aji, Pada hari sabtunya (04/06/2022) diadakan lomba mancing bertembat di wisata Maguwan Berseri.

Kepala Desa Maguwan, Endang Sunarwiyati mengatakan bersih desa di Desa Maguwan, sudah menjadi tradisi sejak dulu dengan menggelar berbagai acara. ” Saya berharap dengan bersih desa tersebut, nantinya Desa Maguwan akan semakin aman, damai, tentrem totoraharjo, gemah-ripah, lohjinawi, pembangunan lancar, masyarakat makmur dan sejahtera.” Ungkapnya

 

 

Pos terkait