DPRD dan Pemkab Magetan Ikuti Pidato Kenegaraan Presiden RI

Pidato Kenegaraan Presiden RI

Beritatrends, Magetan – Menjelang peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia, segenap jajaran Pemerintahan Kabupaten Magetan bersama DPRD Magetan mengikuti Pidato Kenegaraan dari Presiden Joko Widodo.

Acara tersebut dikemas dalam Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Magetan, bertempat di Ruang Rapat setempat, Rabu (16/08/2023), yang diikuti oleh Bupati Magetan Suprawoto, Wakil Bupati Nanik Endang Rusminiarti, jajaran Forkopimda, Kepala OPD, serta tamu undangan lainnya.

Dalam pidatonya, Presiden Jokowi mengatakan bahwa Indonesia saat ini memiliki kesempatan untuk meraih Indonesia Emas 2045.

“Kita punya kesempatan. Tidak hanya peluangnya saja tetapi strategi meraihnya sudah dirumuskan, tinggal apakah kita mau memfokuskan energi kita untuk bergerak maju atau justru membuang energi untuk hal-hal yang tidak produktif dan memecah belah,” ungkapnya.

Jokowi menyebut, kesempatan meraih Indonesia Emas 2045 lantaran adanya peluang besar bonus demografi dan international trust (kepercayaan internasional), sehingga harus dimanfaatkan dengan baik.

“Strategi pertama yang dilakukan pemerintah adalah mempersiapkan sumber daya manusia,” sebutnya.

“Kedua mengembangkan sektor ekonomi baru yang membuka lapangan kerja sebanyak-banyaknya dan memberikan nilai tambah sebesar-besarnya. Disinilah peran sektor ekonomi hijau dan hilirisasi sebagai window of opportunity untuk meraih kemajuan,” imbuh Jokowi.

Senada dengan hal tersebut, Ketua DPRD Magetan Sujatno menyampaikan, terdapat korelasi dengan slogan ‘Magetan Kumandang Yen Kabeh Tumandang’ untuk mendukung tercapainya Indonesia Emas 2045.

“Harapannya semua bisa berkarya, berbuat, bergerak mengisi kemerdekaan ini dengan kegiatan yang positif, yang bisa memberdayakan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan rakyat bisa tercapai. Dan pemerintah memberikan pelayanan sebaik-baiknya dengan mengakomodir apa yang menjadi keinginan dan kemauan rakyat dalam rangka menuju Indonesia Emas 2045,” harapnya.

Baca Juga  Kapolres Binjai AKBP Ferio Sano Ginting, SIK : Kurir Sabu Asal Aceh Kami Tangkap Bersama BB 13 Kg

Pos terkait