Festival UMKM “BERTAJI”

Wakil Bupati Membuka Semarak Festival UMKM “BERTAJI”

Beritatrends, Magetan – Memperingati Hari UMKM Nasional tahun 2023, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Magetan menggelar Festival “BERTAJI” (Berkualitas, Tangguh, Aktif, Juara Inovatif).

Festival yang digelar selama 2 hari (3-4 Agustus 2023) di Lapangan Desa Lembeyan Wetan Kecamatan Lembeyan Kabupaten Magetan ini menghadirkan 20 UMKM dari desa dan dinas setempat.

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Bupati Magetan, Kepala Dinkopum, pimpinan batik Hamzah Yogyakarta, pimpinan K3 PG Petrokimia Gresik, Kamis (03/08/2030).

“Alhamdulillah tahun ini covid sudah dinyatakan sebagai endemi, untuk itu untuk membangkitkan UMKM harus diadakan festival-festival seperti ini agar perekonomian bangkit kembali” ujar Wakil Bupati Magetan, Nanik Endang Rusminiarti.

Beragam produk UMKM dipamerkan, mulai dari makanan hingga kerajinan. Wabup menyebut, festival ini digelar guna meningkatkan kesejahteraan para pelaku UMKM.

“Kami berharap festival UMKM dapat meningkatkan daya saing dengan kreativitas dan inovasi dengan menjalin kemitraan,” ujarnya.

Wabup menilai, UMKM harus menjadi pelopor perekonomian di Kabupaten Magetan. Sehingga ia berharap agar para pimpinan pemerintah terkait dari level bawah dapat terus memberdayakan UMKM.

“Kepada Kepala Desa/Kelurahan untuk senantiasa peduli terhadap pelaku UMKM untuk meningkatkan branding daerah. Pun kepada OPD terkait dan BUMD agar senantiasa sinergi dalam memberdayakan UMKM,” pesan Wabup.

Diketahui Festival BERTAJI turut diramaikan dengan rangkaian kegiatan lain seperti cooking class, baking demo, screening kesehatan, sembako murah, lomba kreasi dan inovasi pangan, lomba kreasi stand, hiburan seni, hingga pelayanan perijinan NIB dan Sertifikat Halal.

“UMKM yang belum punya legalitas bisa menanyakan terkait perizinan di stand DPMPTSP, secara gratis,” sebut kepala Dinkopum Magetan, Sukartini.

Baca Juga  Danrem 031 Wirabima Brigjen TNI M Syech Ismed SE. M. Han "Terima Gelar" Datuk Setia Lela Perkasa

Pos terkait