Forum Zakat Kolaborasi Pemberdayaan Masyarakat Dengan Bantu Petenak Sedekah Masyarakat Miskin

  • Whatsapp

saat kolaborasi sedekah telur

Beritatrends, Magetan – Forum Zakat yang merupakan Asosiasi Gerakan Zakat Indonesia, memperkuat komitmen kolaborasi pemberdayaan masyarakat sebagai salah satu upaya untuk mengentaskan kemiskinan di Indonesia.

Forum Zakat telah melakukan berbagai upaya untuk mendukung agenda pembangunan nasional, khususnya pada isu pengentasan kemiskinan.

Peningkatan kompetensi, dan kapasitas amil zakat tersebut, merupakan langkah untuk memastikan program pemberdayaan masyarakat yang dibuat, berorientasi pada upaya pengentasan kemiskinan di Indonesia.

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Magetan drh. Nur Haryani mengatakan, kegiatan ini kolaborasi dari beberapa 29 badan lembaga zakat yang ada dibawahnya forum zakat Jawa Timur.

Pengumpulan telor ada 2 ton, yang dibagikan ke tukang gendong yang ada di Pasar Sayur, Juru Parkir, dan masyarakat yang kurang mampu.

“2 ton telur yang terkumpul siap untuk dibagikan secara langsung kepada masyarakat,”ucap Nur.

Telur di beli dari peternak Magetan bekerjasama dengan Pinsar, total Pinsar ada 36 peternak dan acara ini lanjutan dari beli dan sedekah kemarin.

Harga kandang posisi hari ini 14.200. untuk pembelian semuanya ini disupport atau yang membeli dari 29 lembaga.

“Disnakkan Magetan hanya memberi support tempat dan mamin saja,”terang Nur

Penerimaan sedekah sebanyak 1.167 dengan berat kurang lebih 1,5 Kg dan penyerahan secara simbolis sebanyak 15 orang seberat 2 Kg. Sedangkan yang lanya disalurkan ke 3 panti asuhan masing-masing mendapat 50 kg dan Khusus panti jompo sebanyak 100 kg. Dan sisanya disebar kemasyarakat kurang mampu.

Bupati Magetan Dr. Drs. H. Suprawoto SH. M.Si Sangat mengucapkan terimakasih kepada forum zakat Jawa Timur yang ikut peduli ditengah pandemi covid-19.

“Walaupun ini tidak menyelesaikan masalah persoalan telur tetapi kepedulian ini menjadikan semangat masyarakat di Magetan,”terangnya.

Kita semua peduli terhadap para peternak Magetan dengan cara membeli kepada peternak yang plelihara sekalanya kecil dibawah 2.000 ekor.

“Mereka bermodal kecil, setidak-tidaknya ada sebuah nafas kecil untuk keluar dari kesulitan ini, dan ketika Forum Zakat Jawa Timur membeli sebanyak 2 ton para peternak sedikit teratasi. Semoga ini sangat membantu dan memberikan suntikan semangat dimasa saat ini,”terangnya.

Karena para peternak ini menggantungkan hidupnya dari sini, dan persoalan ini tidak hanya di Magetan saja tetapi ini di alami oleh seluruh Indonesia, oleh sebab itu perlu ada sebuah kerjasam, semoga tetap semangat sehingga nanti kedepan Pemerintah Pusat akan menyelesaikan persoalan-persoalan ini.

Pihaknya berharap kepedulian semacam ini tidak hanya dilakukan forum zakat Jawa Timur saja tetapi organisasi – organisasi yang lainnya bisa menyusul membantu.

“Pepatah jawa mengatakan bangsa Indonesia itu unik, selalu merojo selaning garu, setiap adanya masalah pasti bisa menyelesaikan,” pungkasnya.

Pos terkait