Ikhtiar Mohon Turun Hujan, Ribuan Warga Plaosan Gelar Sholat Istisqa di Kebun Refugia Magetan

Ribuan Warga Plaosan Gelar Sholat Istisqa di Kebun Refugia Magetan

Beritatrends, Magetan – Ribuan umat Islam dari Kecamatan Plaosan Kabupaten Magetan Provinsi Jawa Timur melaksanakan sholat istisqa di halaman Kebun Refugia Magetan, Jumat (20/10/2023) pagi.

Sholat meminta hujan ini diikuti oleh Kabag Kesra Setdakab Magetan Permadi Bagus Darmawan, Forkopimca Plaosan, unsur TNI/Polri, para tokoh agama, tokoh masyarakat, pengurus dan santri pondok pesantren setempat, siswa-siswi sekolah, serta masyarakat umum.

Pengurus Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin Plumpung Plaosan, KH. Lukman Hidayat menyebut, sholat istisqa ini merupakan inisiatif dari masyarakat Plaosan. Mereka menyatukan niat dilatarbelakangi musim kemarau berkepanjangan dan adanya kebakaran di Gunung Lawu yang tak kunjung padam.

“Suasana lain dari pada yang lain, masyarakat merasa kekeringan apalagi suasana untuk keluarga juga gelisah karena kebakaran Gunung Lawu. Untuk itu masyarakat sekitar Gunung Lawu ini bangkit melakukan sholat istisqa untuk berdoa supaya diberi hujan yang bermanfaat,” tuturnya.

Sementara Kabag Kesra Permadi mengatakan, sholat istisqa merupakan bagian dari ikhtiar batin, di samping ikhtiar fisik untuk pemadaman kebakaran di Gunung Lawu.

“Karena memang secara syariat agama Islam disyariatkan ketika kemarau panjang untuk melaksanakan sholat istisqa. Masalah hasil diserahkan pada Allah,” jelasnya.

Permadi juga mengaku bahwa sholat istisqa di Plaosan merupakan kali pertama yang dilaksanakan pada kemarau tahun ini. Apabila kemarau masih terus berlanjut, pihaknya juga akan membuat himbauan untuk pelaksanaan di lain tempat.

“Dalam waktu dekat ke depan kita akan membuat semacam himbauan agar dapat melaksanakan sholat istisqa. Tapi mudah-mudahan dalam waktu dekat juga sudah turun hujan,” ujarnya.

Baca Juga  Terpilih Secara Aklamasi, Abdul Karim Nahkodai Tagana Sampang Masa Bakti 2022 - 2023

Pos terkait