Jelang Idul Adha, Disnakkan Pastikan Hewan Kurban di Magetan Sehat dan Surplus

Disnakkan Pastikan Hewan Kurban di Magetan Sehat dan Surplus

Beritatrends, Magetan – Ketersediaan hewan kurban jelang Idul Adha di Kabupaten Magetan, Jawa Timur, dipastikan sehat dan surplus.

Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) setempat mencatat, jumlah populasi sapi sebanyak 66 ribu ekor, sementara kambing 55 ribu, dan domba 53 ribu. Data ini berdasarkan percepatan vaksinasi yang dilakukan mulai Januari hingga Mei 2024.

“Dari kondisi seperti itu bisa dipastikan Magetan surplus. Bahkan tidak hanya mencukupi kabupaten sendiri, tetapi juga sampai luar kota,” kata Kepala Bidang Kesehatan Hewan (Keswan) Disnakkan Magetan, drh. Budi Nur Rochman, Senin (10/06/2024).

Untuk memastikan kesehatan hewan, lanjut Budi, mulai minggu ini petugas akan diturunkan guna melakukan inspeksi pasar.

Selain itu, pihaknya juga membantu memberikan jaminan kepada pembeli, dengan memberikan surat yang menyatakan bahwa hewan di lapak telah diperiksa dan dinyatakan sehat, serta cukup umur untuk dikurbankan.

“Untuk hewan kurban, rata-rata sudah sehat semua. PMK (Penyakit Mulut dan Kuku) sangat landai dengan kasus yang terjadi hanya pada hewan yang baru dibeli atau masih bakalan (kecil-kecil),” terangnya.

Dengan adanya ketersediaan hewan kurban yang melimpah dan sehat, Disnakkan menghimbau warga Magetan untuk tidak khawatir.

Masyarakat diingatkan untuk memilih hewan yang gemuk dan sehat, serta memastikan hewan tersebut cukup umur sesuai syarat kurban.

“Dan yang paling penting tidak cacat atau ada ketidaksempurnaan pada kondisi tubuh hewan. Sehingga tidak hanya sehat, tetapi juga layak jadi hewan kurban,” tegasnya.

Dengan persiapan dan pengawasan yang ketat, diharapkan pelaksanaan kurban tahun ini dapat berjalan lancar dan memenuhi syarat keagamaan, serta kesehatan yang telah ditetapkan.

Baca Juga  Rapat Percepatan Program Vaksinasi, Ini Arahan Kapolres Sekadau

Pos terkait